Ripal, Putra (2025) DESAIN ULANG STRUKTUR ATAS BANGUNAN GEDUNG ASRAMA C POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
![[thumbnail of ABSTRAK (Indonesia dan Inggris).pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK (Indonesia dan Inggris).pdf
Download (284kB)
![[thumbnail of BAB 1 (Pendahuluan).pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf
Download (340kB)
![[thumbnail of BAB 2 (Landasan Teori).pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2 (Landasan Teori).pdf
Download (863kB)
![[thumbnail of BAB 5 (Kesimpulan).pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5 (Kesimpulan).pdf
Download (335kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (DP).pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA (DP).pdf
Download (332kB)
![[thumbnail of TUGAS AKHIR LENGKAP RIPAL PUTRA 21240013.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TUGAS AKHIR LENGKAP RIPAL PUTRA 21240013.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (34MB) | Request a copy
Abstract
Dokumen ini membahas perancangan struktur bangunan yang tahan gempa
di daerah rawan gempa, khususnya di Sumatera Barat dan Kabupaten Padang
Pariaman dengan objek penelitian adalah Bangunan Gedung Asrama C Politeknik
Pelayaran Sumatera Barat. Hal ini disebabkan karena Sumatera Barat berada pada
jalur patahan Semangko dimana patahan ini merupakan pertemuan antara dua
lempeng besar yaitu Eurasia dan Indo-Australia oleh karena itu, Sumatera Barat
menjadi daerah yang sangat rentan terhadap peristiwa gempa bumi. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh gempa bumi terhadap struktur bangunan
dan merancang solusi yang efektif untuk meningkatkan ketahanan bangunan.
Metodologi yang digunakan mencakup pengumpulan data, investigasi geoteknik,
preliminary design, pemodelan menggunakan software ETABS 2015, serta
perhitungan desain tulangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh P-delta
dapat diabaikan dalam desain struktur, dengan nilai simpangan antar lantai yang
memenuhi standar SNI 1726:2019. Desain tulangan Sloof yang dihasilkan
memiliki dimensi Sloof 1 900 x 450 mm dan Sloof 2 700 x 350 mm, Kolom K1
650 x 400 mm, K2 300 x 300 mm, Balok B1 750 x 400 mm, BI2 450 x 200 mm,
BA 400 x 200 mm, dan Pelat 125 mm dengan spesifikasi tulangan yang sesuai
untuk menahan beban lentur. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk
penerapan desain yang lebih baik dalam pembangunan gedung di daerah rawan
gempa, serta pentingnya pemahaman tentang perilaku struktur dalam menghadapi
gempa. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi
perencana dan pelaksana konstruksi dalam menciptakan bangunan yang lebih
aman dan tahan terhadap bencana alam di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | struktur beton bertulang, Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Farmasi, Sains, dan Teknologi > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | PUTRA RIPAL PUTRA RIPAL |
Date Deposited: | 04 Oct 2025 03:35 |
Last Modified: | 04 Oct 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1167 |