Evaluasi KINERJA PELAYANAN TRANSPOTRTASI PUBLIK PROVINSI SUMATERA BARAT (Studi Kasus Bus Angkutan Umum padang-sungai Geringgi)

dinda rahayu, Sinta (2023) Evaluasi KINERJA PELAYANAN TRANSPOTRTASI PUBLIK PROVINSI SUMATERA BARAT (Studi Kasus Bus Angkutan Umum padang-sungai Geringgi). S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of FULL.pdf] Text
FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Angkutan umum adalah transportasi yang digunakan untuk umum sebagai alat pengangkut barang atau orang dari satu tempat ke tempat lain, yang disediakan oleh pribadi, swasta, atau pemerintah dan dapat digunakan oleh siapa saja dengan cara membayar atau sewa. Berdasarkan informasi pengelola bus dan pendapat masyarakat yang menggunakan bus rute Padang-Sungai Geringging, pengguna bus angkutan umum tersebut mengalami penurunan karena adanya moda transportasi umum lain yaitu kereta api dan bus travel. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan pelayanan bus angkutan umum rute Padang-Sungai Geringging. Analisis data menggunakan metode Importance Performance Analysis dan pedoman teknis penyelenggaraan angkutan umum adalah SK Dirjen Perhubungan Darat No.687/AJ.206/DRJD/2002.
Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui kinerja angkutan umum, untuk nilai load factor bus angkutan umum trayek Padang-Sungai Geringging sebesar 79,17% dan nilai load factor bus angkutan umum trayek Sungai Geringging-Padang sebesar 88,53% nilai tersebut lebih besar dari standar 70% sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah pengguna melebihi kapasitas kursi yang ada pada bus angkutan umum tersebut. Kecepatan perjalanan angkutan umum adalah 47 Km/jam, headway yang diperoleh pada trayek Padang-Sungai Geringging adalah 107 menit, waktu tunggu yang diperoleh dari angkutan umum trayek Padang-Sungai Geringging adalah 53 menit, waktu pelayanan selama 12 jam yaitu pada jam 06.00-19.00 dan jumlah kendaraan yang beroperasi pada rute Padang-Sungai Geringging dan Sungai Geringging-Padang adalah 14 unit kendaraan. Berdasarkan hasil metode Importance Performance Analysis maka fokus perbaikan pelayanan angkutan umum terletak pada kuadran I, dimana harapan bernilai tinggi sedangkan kinerja lebih rendah. Adapun indikator kuadran I adalah kecepatan angkutan saat perjalanan, kejelasan informasi dan jadwal rute, lama menunggu angkutan dan rasa aman atas kejahatan saat berada dalam angkutan.
Kata kunci: Angkutan Umum, Evaluasi Pelayanan, Headway, Load Factor, KecepatanPublic
transportation is transportation that is used by the public as a means of transporting goods or people from one place to another, which is provided by individuals, the private sector or the government and can be used by anyone by paying or renting it. Based on information from bus managers and the opinions of people who use buses on the Padang-Sungai Geringging route, public transportation bus users have decreased due to the existence of other modes of public transportation, namely trains and travel buses. This research aims to evaluate the performance and service of public transport buses on the Padang-Sungai Geringging route. Data analysis uses the Importance Performance Analysis method and the technical guidelines for organizing public transport are Decree of the Director General of Land Transportation No.687/AJ.206/DRJD/2002.
The results of this research are that the performance of public transportation is known, for the load factor value of public transportation buses on the Padang-Sungai Geringging route is 79.17% and the load factor value of public transportation buses on the River Geringging-Padang route is 88.53%. This value is greater than the standard. 70% so it can be concluded that the number of users exceeds the seat capacity on the public transportation bus. The travel speed of public transport is 47 km/hour, the headway obtained on the Padang-Sungai Geringging route is 107 minutes, the waiting time obtained on public transport on the Padang-Sungai Geringging route is 53 minutes, the service time is 12 hours, namely 06.00-19.00 and the number of vehicles operating on the Padang-Sungai Geringging and Sungai Geringging-Padang routes is 14 vehicles. Based on the results of the Importance Performance Analysis method, the focus on improving public transport services lies in quadrant I, where expectations are high while performance is lower. The indicators for Quadrant I are the speed of transportation during travel, clarity of information and route schedules, long wait times for transportation and a sense of security against crime while in transportation.
Keywords: Public Transportation, Service Evaluation, Headway, Load Factor, Speed

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Farmasi, Sains, dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: petugas3 tiga
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:46
Last Modified: 23 Oct 2025 07:46
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item
View Item