RAHIM, ALIF (2023) PENGARUH KULIATAS LAYANAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN (STUDI KASUS USAHA DAGANG HANUM NAGARI AIA BATUMBUK KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK). S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
ABSTRAK.pdf
Download (114kB)
BAB V.pdf
Download (113kB)
BAB I.pdf
Download (377kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (329kB)
SKRIPSI ALFI RAHIM...pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga kualitas pelayanan, kualitas produk,
dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada konsumen UD Hanum . Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampiling. Proposive
sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sesuai keriteria yang di
inginkan. Karena jumlah populasi tidak diketahui, maka dalam menghitung dalam besaran sampel
menggunakan rumus cochran dan di dapatkan sampel 138. Tenik pengumpulan data menggunakan
kuesioner (angket) dan oberservasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linear
berganda. Hasil penilitian pada taraf 0,05 menunjukkan bahwa 1)hasil uji t pada variabel kualitas
pelayanan 2,302 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 berarti harga berpengaruh positif signifikan
terhadap keputusan pembelian. 2) Hasil uji t pada variabel kualitas produk 3,352 dengan nilai 0,000 <
0,05 berarti kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Hasil
uji t pada harga 2,512 dengan nilai 0,000 < 0,005 berarti kualitas pelayanan berpengaruh positif
signifikan terhadap keputusan pembelian 4) nilai Adjusted R Square untuk variabel kualitas pelayanan,
kualitas produk dan harga adalah 0,523. Artinya 52,3% variabel keputusan pembelian di pengaruh oleh
variabel independen dan sisanya 47,7% di pengaruhi variabel lainnya yang tidak diteleti dalam
penelitian ini.
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian
This study aims to determine the effect of price, service quality, product quality, and price
partially and simultaneously on purchasing decisions for UD Hanum consumers. The type of research
used in this research is a quantitative approach with descriptive methods. The sampling technique in
this research used a purposive sampling technique. Proposive sampling is a technique for determining
samples with certain considerations according to the desired criteria. Because the population size is
unknown, in calculating the sample size using the Cochran formula and obtained a sample of 138. Data
collection techniques used a questionnaire (questionnaire) and observation. Meanwhile, the data
analysis technique uses multiple linear regression. The research results at the 0.05 level show that 1) the
t test results on the service quality variable are 2.302 with a significant value of 0.000 <0.05 meaning
that price has a significant positive effect on purchasing decisions. 2) The results of the t test on the
product quality variable are 3.352 with a value of 0.000 <0.05 meaning that service quality has a
significant positive effect on purchasing decisions. 3) The results of the t test at the price of 2.512 with
a value of 0.000 <0.005 means that service quality has a significant positive effect on purchasing
decisions 4) Adjusted R Square value for service quality, product quality and price variables is 0.523.
This means that 52.3% of the purchasing decision variable is influenced by independent variables and
the remaining 47.7% is influenced by other variables not examined in this study.
Keywords: Service Quality, Product Quality, Price, and Purchasing Decisions
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | petugas3 tiga |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 07:45 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 07:45 |
| URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1315 |
