RYANTI, RULYA (2023) TRANSPARANSI DAN AKUNTANBILITAS DALAM PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS). S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
ABSTRAK.pdf
Download (171kB)
BAB I.pdf
Download (175kB)
BAB V.pdf
Download (93kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (172kB)
SKRIPSI RULYA RYANTI 18110063 FULL LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
i
Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Studi Kasus SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang
ABSTRAK Menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 48 dinyatakan bahwa pengelolaan dana pendidikan berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik. Prinsip-prinsip yang telah disebutkan dalam undang-undang tersebut harus mendapatkan penekanan dan perhatian oleh para pemangku kepentingan pendidikan. Tujuannya adalah agar sistem pendidikan yang ada berjalan dengan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Untuk itu, untuk memperjelas pengelolaan Dana BOS diperlukan pembukuan dan pelaporan keuangan secara transparan dan akuntabel secara berkesinambungan. Transparan artinya Dana BOS yang dikumpulkan dan diberikan oleh pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan sekolah sehari-hari harus diketahui secara terbuka oleh anggota masyarakat melalui komite dan pemerintah. Akuntabel bahwa Dana BOS yang telah dikumpulkan harus mampu dipertanggungjawabkan kepada pihak-pihak yang terkait seperti masyarakat dan pemerintah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana didalamnya peneliti menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses, atau sekelompok individu. Untuk melengkapi hasil analisis, peneliti juga melakukan wawancara bendahara dana BOS di SD Negeri 01 Sawahan. Penerapan prinsip transparansi dalam pelaksanaan pengelolaan Dana BOS SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang diterapkan dengan adanya keterlibatan guru, staf, dan komite sekolah dalam membuat anggaran kegiatan dan laporan pertanggungjawaban serta laporan kegiatan dan anggaran yang ada sudah dipublikasikan melalui laporan pertanggungjawaban dana BOS yang tersedia di ruang guru dan papan informasi sekolah. Dan juga adanya tim audit atau pengawas yang independen dari dinas pendidikan kabupaten dan provinsi. Prinsip transparansi ini terpenuhi sesuai dengan indikator yang dibuktikan dengan adanya hasil wawancara dengan informan. Penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh Safratunnisa (2015) dengan judul “Penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan sekolah di SD Islam Binakheir” bahwa transparansi dalam pengelolaan anggaran Dana BOS dalam program RKAS, sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemerintah dan masyarakat, yang dalam hal ini kaitannya dengan komite sekolah dan wali murid. Hal tersebut memiliki kesamaan dengan hasil penelitian saya yang dilakukan di SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang, bahwa sekolah memberikan kesempatan kepada guru, karyawan, dan komite sekolah untuk terlibat langsung dalam perencanaan dan pelaksanaan anggaran kegiatan/program sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang sudah berjalan cukup baik karena sudah sesuai dengan indikator pencapaian suatu transparansi dan akuntabilitas, yaitu adanya keterlibatan semua oknum yang berkepentingan mulai dari Dinas pendidikan, tim manajemen sekolah, guru, karyawan dan komite sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi anggaran. Fakta ini menunjukkan bahwa sekolah telah melakukan proses pembahasan anggaran secara terbuka sesuai dengan petunjuk teknis penggunaan Dana BOS pada masing- masing sekolah tersebut. Kata kunci : Transparansi, Akuntabilitas, Laporan Keuangan, Dana BOS
ii
Transparency and Accountability in the Management of School Operational Assistance Funds (BOS) Case Study of SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang ABSTRACT According to Law Number 20 of 2003 article 48 it is stated that the management of education funds is based on the principles of justice, efficiency, transparency, and public accountability. The principles mentioned in the law should receive emphasis and attention by education stakeholders. The goal is that the existing education system runs in accordance with the goals of national education. Therefore, to clarify the management of the BOS Fund, it is necessary to maintain books and financial reporting in a transparent and accountable manner on an ongoing basis. Transparent means that BOS funds collected and given by the government for the fulfillment of daily school needs must be openly known by community members through committees and the government. Accountable that the BOS Fund that has been collected must be able to be accountable to related parties such as the community and government. This research is qualitative research with a case study approach, in which researchers carefully investigate a program, event, activity, process, or group of individuals. To complete the results of the analysis, researchers also conducted interviews with the treasurer of the BOS fund at SD Negeri 01 Sawahan. The application of the principle of transparency in the implementation of the management of the SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang BOS Fund is implemented with the involvement of teachers, staff, and school committees in making activity budgets and accountability reports as well as existing activity reports and budgets that have been published through BOS fund accountability reports available in the teacher room and school information boards. And also there is an audit team or supervisor independent of the district and provincial education offices. This principle of transparency is fulfilled in accordance with the indicators evidenced by the results of interviews with informants. Research that has been conducted previously by Safratunnisa (2015) entitled "Application of the principles of transparency and accountability in school financial management at SD Islam Binakheir" that transparency in the management of the BOS Fund budget in the RKAS, is needed in order to increase government and community participation, which in this case is related to school committees and parents. This has similarities with the results of my research conducted at SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang, that schools provide opportunities for teachers, employees, and school committees to be directly involved in planning and implementing school activities/program budgets. Based on the results of the study, the author can conclude that the application of the principles of transparency and accountability in the management of School Operational Assistance (BOS) funds for SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang has gone quite well because it is in accordance with the indicators of achieving transparency and accountability, namely the involvement of all interested persons ranging from the Education Office, school management team, teachers, employees and school committees in planning, implementation and evaluation of budgets. This fact shows that schools have conducted an open budget discussion process in accordance with the technical guidelines for the use of BOS Funds in each of these schools. Keywords : Transparency, Accountability, Finance Report, BOS Fun
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
| Depositing User: | petugas3 tiga |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 07:02 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 07:02 |
| URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1370 |
