Annisa Putri, Riza (2023) PENGARUH E-WOM, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKET PLACE TOKO PEDIA. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
ABSTRAK.pdf
Download (201kB)
BAB I.pdf
Download (520kB)
BAB V.pdf
Download (124kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (125kB)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh E-WOM, kualitas
produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada market place tokopedia (studi kasus
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis unidha). Populasi dalam penelitian ini mahasiswa
unidha yang pernah melakukan pembelian di tokopedia, dengan sampel sebanyak 138
responden. Data diperoleh dengan melakukan kuesioner kemudian diolah dan diuji dengan
menggunakan SPSS. Dari penelitian yang dilakukan diketahui berdasarkan hasil pengujian
hipotesis menunjukan bahwa 1) E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. 2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. 3) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. 4) E-WOM, kualitas produk, dan harga secara simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa
besar pengaruh E-WOM, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian adalah
sebesar 53,1% sedangkan sisanya 46,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata kunci: E-WOM, kualitas produk, harga, dan keputusan pembelian
This research aims to find out how E-WOM, product quality and price influence
purchasing decisions at the Tokopedia market place (case study of students at the Faculty of
Economics and Business, Unidha. The population in this study is Unidha students who have
made purchases at Tokopedia, with a sample of 138 respondents . Data obtained by
conducting a questionnaire was then processed and tested using SPSS. From the research
conducted, it is known that based on the results of hypothesis testing, 1) E-WOM has a
positive and significant effect on purchasing decisions. 2) Product quality has a positive and
significant effect on purchasing decisions. 3) Price has a positive and significant effect on
purchasing decisions. 4) E-WOM, product quality and price simultaneously have a positive
and significant effect on purchasing decisions. The results of the coefficient of determination
show that the influence of E-WOM, product quality and price on purchasing decisions is
53.1% while the remaining 46.9% is influenced by other factors.
Keywords: E-WOM, product quality, price, and purchasing decisions
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | petugas4 empat |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 03:05 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 03:05 |
| URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1519 |
