sari, Intan Permata sari (2025) FAKTOR PENILAIAN NIAT PEMBELIAN BERKELANJUTAN DALAM KONTEKS PLATFORM BELANJA ONLINE SHOPEE PADA MAHASISWA S1 MANAJEMEN UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
![[thumbnail of .RINGKASAN.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
.RINGKASAN.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (235kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FUL.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FUL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa S1 Manajemen Universitas Dharma
Andalas dengan judul "Faktor Penilaian Niat Pembelian Berkelanjutan dalam Konteks
Platform Belanja Online Shopee panda Mahasiswa S1 Management Universities Dharma
Andalas." Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penilaian
produk, penilaian harga, dan penilaian kemudahan terhadap niat pembelian berkelanjutan
pada mahasiswa yang menggunakan platform belanja online Shopee. Data dalam
penelitian ini disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi, di mana setiap responden
memberikan penilaian sesuai dengan kondisi yang mereka alami. Teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling, yang berarti pemilihan sampel didasarkan pada
karakteristik tertentu. Kriteria sampel dalam penelitian ini adalah: (1) mahasiswa S1
Manajemen Universitas Dharma Andalas, (2) pernah menggunakan platform belanja
online, dan (3) pernah berniat melakukan pembelian berkelanjutan di platform belanja
online shopee.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan
terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Penelitian ini bersifat kuantitatif, di mana
data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan dianalisis
secara statistik. Untuk mempermudah perhitungan uji validitas dan reliabilitas, digunakan
perangkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solution). Sumber data penelitian
ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari
responden melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa S1 Manajemen pada
angkatan 2018–2024. Sementara itu, data sekunder diperoleh dari buku, literatur, artikel,
dan sumber lain di internet. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan
kuesioner.
Instrumen penelitian berupa kuesioner disusun menggunakan skala Likert, di mana
setiap variabel diuraikan menjadi indikator yang kemudian dikembangkan menjadi
pernyataan atau pertanyaan. Responden memberikan jawaban dengan skala gradasi dari
sangat positif hingga sangat negatif. Karakteristik responden yang diamati dalam
penelitian ini mencakup jenis kelamin, usia, dan pengalaman berbelanja online. Dalam
penelitian ini, dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah residual berdistribusi
normal, serta uji multikolinearitas untuk menguji hubungan antarvariabel bebas. Hasil
v
analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat masalah normalitas, multikolinearitas, maupun
heterokedastisitas.
Berdasarkan hasil analisis Tingkat Capaian Responden (TCR), ditemukan bahwa,
Penilaian produk memiliki TCR tertinggi pada pernyataan "Ulasan positif tentang produk
di Shopee mempengaruhi keputusan saya untuk membelinya" dengan 90,33%, sedangkan
TCR terendah terdapat pada pernyataan "Saya sering menggunakan Shopee untuk
membeli produk" dengan 88,22%. Selanjutnya Penilaian harga memiliki TCR tertinggi
pada pernyataan "Saya puas dengan kualitas produk yang saya beli di Shopee, sesuai
dengan harga yang saya bayar" sebesar 87,33%, sedangkan TCR terendah terdapat pada
pernyataan "Saya merasa mendapatkan nilai yang baik untuk uang saya ketika membeli
produk di Shopee" dengan 85,22%. Selanjutnya Penilaian kemudahan memiliki TCR
tertinggi pada pernyataan "Ketika terjadi kesalahan dalam pesanan, Shopee cepat dalam
menyelesaikan masalah tersebut" dengan 86,44%, sedangkan TCR terendah terdapat pada
pernyataan "Platform Shopee merespons dengan cepat ketika saya mengklik tombol atau
mengakses fitur tertentu" dengan 82,67%, Dan selanjutnya niat pembelian berkelanjutan
memiliki TCR tertinggi pada pernyataan "Saya merasa nyaman untuk melakukan
pembelian berulang di platform Shopee" sebesar 89,67%, sedangkan TCR terendah
terdapat pada pernyataan "Saya merasa terikat untuk terus berbelanja di platform ini
karena kualitas layanan dan produk yang konsisten" dengan 79,67%.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial, Penilaian produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap niat pembelian berkelanjutan. Penilaian harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap niat pembelian berkelanjutan. Penilaian kemudahan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian berkelanjutan. Secara
simultan, ketiga variabel bebas (penilaian produk, penilaian harga, dan penilaian
kemudahan) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian
berkelanjutan. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh bersama
antara variabel bebas terhadap variabel terikat dapat diterima
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | muhammad hafiz |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:46 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:46 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/186 |