Pengaruh Live Streaming Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada E-Commerce Tiktok Shop Tokopedia (Studi Pada Pengguna E-Commerce TikTok Shop Tokopedia di Kota Padang)

Kurnia, Rina Kurnia (2025) Pengaruh Live Streaming Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada E-Commerce Tiktok Shop Tokopedia (Studi Pada Pengguna E-Commerce TikTok Shop Tokopedia di Kota Padang). S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of .RINGKASAN.pdf] Text
.RINGKASAN.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilakukan pada pengguna ecommerce
TikTok Shop Tokopedia yang berdomisili di Kota Padang. Judul penelitian ini
adalah: “Pengaruh Live Streaming dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Fashion Pada E-Commerce TikTok Shop Tokopedia (Studi Pada Pengguna E-Commerce
TikTok Shop Tokopedia di Kota Padang).”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengukur sejauh mana
pengaruh live streaming dan flash sale terhadap keputusan pembelian konsumen,
khususnya dalam konteks e-commerce TikTok Shop Tokopedia
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna e-commerce TikTok Shop
Tokopedia di Kota Padang yang jumlahnya tidak diketahui. Jumlah responden yang
diambil dalam penelitian ini adalah 120 responden dengan menggunakan metode
purposive sampling dalam penentuan sampel
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan software
SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) v24 menunjukkan bahwa: (1) Live
streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Flash
sale berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Live streaming
dan flash sale secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian.
Implikasi dari penelitian ini adalah e-commerce TikTok Shop Tokopedia perlu
memaksimalkan strategi pemasaran berbasis live streaming dan flash sale untuk
meningkatkan penjualan dan daya tarik konsumen. Dengan lebih sering mengadakan live
streaming yang disertai penawaran khusus serta tambahan insentif seperti cashback atau
hadiah gratis, e-commerce dapat menciptakan pengalaman belanja yang menarik dan
meningkatkan minat pembeli. Selain itu, memperbanyak sesi flash sale dengan diskon
besar, strategi bundling produk, dan dukungan pengingat seperti notifikasi atau kampanye
media sosial dapat mendorong konsumen untuk berbelanja secara cepat dan meningkatkan
nilai transaksi. E-commerce TikTok Shop Tokopedia juga disarankan memanfaatkan
momen tanggal spesial dengan kampanye promosi bertahap dan diskon eksklusif untuk
menciptakan antusiasme, sehingga dapat menarik lebih banyak pelanggan dan
mengoptimalkan penjualan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: muhammad hafiz
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:04
Last Modified: 07 Aug 2025 07:04
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item
View Item