PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PELAYANAN DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( STUDI KASUS PADA PELANGGAN SHOW KOFFIE PADANG )

MARDHATILLAH, ULVI MARDHATILLAH (2025) PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PELAYANAN DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( STUDI KASUS PADA PELANGGAN SHOW KOFFIE PADANG ). S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei pada pelanggan yang pernah mengunjungi coffee shop dengan merek Show Koffie yang berada di Kota Padang. Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Show Koffie Padang)”.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere (suasana toko), kualitas pelayanan dan social media marketing (pemasaran media sosial) terhadap keputusan pembelian.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang pernah berkunjung ke Show Koffie. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling dalam penentuan sampel.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat diperoleh jawaban atas pertanyaan atau hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa: (1) Store atmosphere memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Social media marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan (4) Store atmosphere, Kualitas pelayanan dan Social media marketing secara bersama- sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian di Show Koffie.
Saran dari kesimpulan di atas dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian para pelanggannya, yaitu: pihak manajemen Show Koffie dapat meningkatkan faktor store atmosphere, dimana perlu dipastikan kebersihan toilet, ketersediaan tisu dan pengharum, serta pencahayaan dan ventilasi yang baik agar pelanggan merasa lebih nyaman. Pada aspek kualitas pelayanan, karyawan harus lebih sigap dan responsif dalam menangani keluhan pelanggan guna meningkatkan kepuasan dan mendorong pembelian. Sementara itu, dalam social media marketing, perusahaan dapat mengoptimalkan fasilitas WiFi yang cepat dan stabil, sehingga pelanggan dapat membagikan pengalaman mereka secara online, yang dapat berdampak pada peningkatan keputusan pembelian. Dengan meningkatkan ketiga faktor ini secara bersamaan, Show Koffie dapat menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.
Kata kunci : store atmosphere, kualitas pelayanan, social media marketing, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: muhammad hafiz
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:01
Last Modified: 08 Aug 2025 02:01
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item
View Item