Pengaruh Payment Method, Electronic Word Of Mouth, dan Hedonic Shopping Terhadap Impulsive Buying Behavior Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna E-Commerce Shopee di Kota Padang)

Putri Rifani, Annisa (2024) Pengaruh Payment Method, Electronic Word Of Mouth, dan Hedonic Shopping Terhadap Impulsive Buying Behavior Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna E-Commerce Shopee di Kota Padang). S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL1.pdf] Text
SKRIPSI FULL1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini kegiatan ekonomi yang mulai bertransformasi dengan berbasis aplikasi dan
website ini menguasai sebagian besar sektor di dunia. Sektor perdagangan menjadi sektor
terdepan yang saat ini menguasai hampir seluruh pasar di Indonesia dengan berbasis
teknologi digital yang kita kenal dengan sebutan e-commerce. E-commerce dapat mencakup
berbagai jenis produk, baik fisik maupun digital, dan menggunakan berbagai metode
pembayaran dan pengiriman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis payment method,
electronic word of mouth, dan hedonic shopping berpengaruh terhadap impulsive buying
behavior pada e-commerce Shopee.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang dikumpulkan
dengan penggunaan angket (kuisioner) melalui google form. Populasi penelitian ini dianggap
tidak terbatas karena peneliti tidak mengetahui secara pasti jumlah masyarakat pengguna e�commerce Shopee di Kota Padang, oleh karena itu digunakannya Hair Formula dalam
pengambilan sampel dimana minimum jumlah sampel setidaknya memiliki lima kali lebih
banyak pengamatan daripada jumlah indikator variabel yang akan dianalisis, dan diperoleh
jumlah sampel penelitian yang terdiri dari 100 responden. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi linier berganda, uji instrumen dan uji asumsi klasik serta didukung dengan
pengolahan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa payment method, electronic
word of mouth dan hedonic shopping berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan
maupun parsial terhadap impulsive buying behavior.
Penelitian ini terbatas pada pengguna e-commerce Shopee di Kota Padang, sehingga
tidak menutup kemungkinan diperoleh hasil yang berbeda apabila lokasi yang dijadikan
sampel bertambah. Berdasarkan tabel koefisien determinan pada penelitian ini memperoleh
hasil adjusted R² sebesar 0,459 atau 45,9%, yang artinya masih terdapat 54,1% variabel lain
yang dapat mempengaruhi impulsive buying behavior.
Kata Kunci: Payment Method, Electronic Word of Mouth, Hedonic Shopping Impulsive
Buying Behavior, E-Commerce Shopee

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Sarah Marnia
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:16
Last Modified: 13 Aug 2025 07:16
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item
View Item