Asyha, Asyha (2023) Strategi Komunikasi J&T Express Dalam Pelayanan Transaksi COD ( Cash On Delivery) Di Kota Solok. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (14kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (117kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL ACA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL ACA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Metode pembayaran COD (Cash On Delivery) adalah pembayaran yang
dapat dilakukan setelah pembeli atau penerima barang sudah menerima barang
yang dipesan. Dengan kemudahan yang didapatkan masyarakat dalam aktifitas
belanja online ini membuat tingkat belanja online semakin banyak di minati
masyarakat salah satunya yaitu di Kota Solok. Dan salah satu ekspedisi di Kota
solok yang banyak menjadi tempat pengiriman barang di Solok yaitu J&T
Express. Terdapatnya permasalahan yang disebabkan dari ketidak tahuan
pelanggan terhadap mekanisme jual beli online yang menggunakan metode
pembayaran COD menjmbulkan permasalahan bagi kurir dan pelanggan saat
proses transaksi. Untuk itu J&T Express memiliki strategi dalam proses transaksi
COD dengan pelaggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan teori Joseph Devito
untuk menganalisi proses komunikasi dari strategi J&T Express dalam pelayanan
transaksi melalui COD. Hasil penelitian ini adalah J&T Express memberikan
edukasi kepada kurir untuk memberikan informasi kepada pelanggan COD
tentang aturan, kebijakan, serta prosedur penanganan keluhan seperti keluhan
pada barang pesanan dalam metode pembayaran COD. Selain itu juga peraturan
tentang metode pembayaran COD juga terdapat di media internet sehingga dapat
diketahui oleh banyak pelanggan COD. Dalam strategi tersebut terdapat
hambatan yang membuat informasi sulit diterima pelanggan COD yaitu
kurangnya edukasi kurir kepada pelanggan tentang peraturan COD, terdapatnya
keterbatasan teknologi pelanggan, dan juga adanya ketidak setujuan pelanggan
terhadap aturan.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi , Joseph Devito, Hambatan Komunikasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | muhammad hafiz |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:09 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 04:09 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/641 |