Ramalia, Diza (2025) Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah Dan Fintech Terhadap Kepuasan Nasabah BSI Kcp Muara Bungo M Yamin. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (259kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (248kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (346kB)
![[thumbnail of Skripsi FULL DIZA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi FULL DIZA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Merger tiga bank syariah utama di Indonesia menjadi Bank Syariah
Indonesia (BSI) bertujuan untuk meningkatkan daya saing perbankan syariah di
tingkat nasional maupun global. Di sisi lain, perkembangan teknologi finansial
(fintech) semakin memengaruhi perilaku nasabah dalam memilih layanan
keuangan. Penelitian ini berjudul "Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah dan
Fintech Terhadap Kepuasan Nasabah BSI KCP Muara Bungo M Yamin".
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui dampak dari
penggabungan tiga bank syariah serta integrasi dengan teknologi finansial
(fintech) terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI).
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
pengumpulan data primer melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah aktif
BSI KCP Muara Bungo dengan metode accidental sampling. Analisis data
dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS versi 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa merger dan fintech secara signifikan
mempengaruhi kepuasan konsumen. Penggabungan meningkatkan efisiensi
operasional dan kualitas layanan, sedangkan fintech memberikan kemudahan
akses dan inovasi dalam layanan perbankan. Secara simultan, kedua variabel ini
mampu menjelaskan variasi kepuasan konsumen sebesar 67%. Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi manajemen bank
dalam meningkatkan layanan dan kepuasan nasabah.
Kata Kunci: Merger, Fintech, Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:15 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:15 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/105 |