ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM

VIO PUTRA RAMADHAN, PUTRA (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Vio Putra Ramadhan (17120012) : Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya
Meningkatan Daya Saing UMKM (Studi
Kasus: UMKM Roman Indah), dibawah
Bimbingan Bapak Heru Aulia Azman,
S.Sos., MM, Ph.D
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) penerapan strategi pemasaran dalam
upaya peningkatan daya saing UMKM Roman Indah. (2) pengembangan strategi pemasaran
dalam upaya peningkatan daya saing UMKM Roman Indah. (3) kekuatan, kelemahan,
peluang dan hambatan yang dimiliki UMKM Roman Indah.
Dalam jenis penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini
merupakan suatu pengelolahan data yang bersifat uraian, argumentasi, dan paparan dengan
memperhatikan segala aspek yang mampu mengambarkan suatu keadaan secara nyata
mampu memberikan informasi yang dibutuhkan. Metode pengambilan sampel dilakukan
dengan cara menggunkan metode purposive sampling adalah teknik penentuan sampel
secara sengaja, yaitu orang yang terlibat dalam pengelolaan industri UMKM ROMAN
INDAH digunakan sebagai sampel dan dipandang orang yang tersebut cocok sebagai
sumber data yaitu Pimpinan UMKM Roman Indah, Pemilik UMKM Roman Indah dan
karyawan UMKM Roman Indah. Alat analisis yang di gunakan analisis Matrik SWOT
Dari hasil penelitian ini menjelaskan (1) peluang (opportunities) senilai 1,52 dan
nilai ancaman (therats) senilai 1,11 sehingga dapat disimpulkan bahwa UMKM Roman
Indah memiliki peluang (opportunities) yang lebih besar senilai (positif) = 0,42 dari
ancaman (therats), (2) memiliki kekuatan (strengths) senilai 1,61 dan nilai kelemahan
(weaknesses) senilai 0,96 sehingga dapat disimpulkan bahwa UMKM Roman Indah
memiliki nilai kekuatan (strengths) yang lebih besar (positif) senilai 0,65 dari kelemahan
(weaknesses).
Adapun hasil penelitian, agar pemerintahan Provinsi Sumatera Barat dapat
memberikan sosialiasi terhadap UMKM dalam pengetahuan untuk pengembangan usaha
dalam meningkatkan daya saing dan menjadi bahan pertimbangan pemerintahan dalam
merumuskan suatu kebijakan yang berhubungan dengan UMKM dan sebagainya
Kata Kunci :Analisis Strategi, UMKM Roman Indah, Matrik SWOT.
iv
ABSTRACT
Vio Putra Ramadhan (17120012) : Analysis of Marketing Strategy in Efforts to
Increase the Competitiveness of UMKM
(Case Study: UMKM Roman Indah), under
the guidance of Mr. Heru Aulia Azman,
S.Sos., MM, Ph.D
This study aims to determine (1) the application of marketing strategies in an effort
to increase the competitiveness of UMKM Roman Indah. (2) development of marketing
strategies in an effort to increase the competitiveness of UMKM Roman Indah. (3) the
strengths, weaknesses, opportunities and obstacles of the UMKM Roman Indah. In this type
of research, qualitative research is used. This research is a data management that is
descriptive, argumentative, and explanatory by paying attention to all aspects that are able
to describe a situation that is actually able to provide the information needed. The sampling
method was carried out by using the purposive sampling method, which is a deliberate
sampling technique, namely people who are involved in the management of the UMKM
ROMAN INDAH industry are used as samples and are deemed suitable as data sources,
namely the MSME Leader Roman Indah, Owner UMKM Roman Indah and employees
UMKM Roman Indah. The analytical tool used is analysis Matrik SWOT.
From the results of this study explain (1) opportunities (opportunities) worth
1.52 and threat values (therats) worth 1.11 so it can be concluded that MSME Roman Indah
has greater opportunities (opportunities) worth (positive) = 0.42 than threats (therats), (2)
have strengths (strengths) of 1.61 and values of weaknesses (weaknesses) of 0.96 so that it
can be concluded that MSME Roman Indah has a value of strength (strengths) greater
(positive) of 0.65 from weaknesses.
As for the results of the study, so that the West Sumatra Provincial government
can provide socialization to MSMEs in knowledge to increase competitiveness and
government considerations in formulating a policy related to MSMEs and so on.
Keywords: Strategy Analysis, UMKM Roman Indah, SWOT Matrix.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: petugas2
Date Deposited: 23 Oct 2025 06:48
Last Modified: 23 Oct 2025 06:48
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item
View Item