PENGARUH HARGA PROMOSI DAN KEMUDAHAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE PADA SECMEN MILENIAL PENGGUNA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI KOTA PADANG

HIRDAWATI, HIRDAWATI (2024) PENGARUH HARGA PROMOSI DAN KEMUDAHAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE PADA SECMEN MILENIAL PENGGUNA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI KOTA PADANG. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RINGKASAN
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh harga, promosi dan kemudahan
berbelanja terhadap minat beli secara online pada segmen milenial pengguna marketplace
Tokopedia di Kota Padang. Pemilihan sampel digunakan dengan metode purposive sampling,
yaitu memilih sampel dengan kriteria-kriteria tertentu sesuai dengan yang dikehendaki oleh
peneliti, dimana berdasarkan metode pemilihan sampel tersebut diperoleh 138 responden. Teknik
analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sebelum data diolah, dilakukan
uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak terdapat
heteroskedastisidas dan multikoliniearitas. Penelitian ini menggunakan harga, promosi dan
kemudahan berbelanja sebagai variabel independen, dan minat beli sebagai variabel dependen.
Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh harga, promosi dan kemudahan
berbelanja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli secara online pada
segmen milenial pengguna marketplace Tokopedia di Kota Padang. Hasil pengujian secara
simultan menunjukan bahwa pengaruh harga, promosi dan kemudahan berbelanja secara
bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli secara online pada segmen
milenial pengguna marketplace Tokopedia di Kota Padang.
Kata Kunci: Harga, Promosi, Kemudahan Berbelanja dan Minat Beli
SUMMARY
The aim of this research is to examine the influence of price, promotions and ease of shopping on
online buying interest in the millennial segment of Tokopedia marketplace users in Padang City.
Sample selection was used using a purposive sampling method, namely selecting samples with
certain criteria according to what the researcher desired, where based on this sample selection
method, 138 respondents were obtained. The analysis technique used is multiple linear
regression analysis. Before the data is processed, a classical assumption test is carried out first.
The test results show that there is no heteroscedasticity and multicollinearity. This research uses
price, promotion and ease of shopping as independent variables, and purchase interest as the
dependent variable. Partial test results show that the influence of price, promotion and ease of
shopping have a positive and significant influence on online buying interest in the millennial
segment of Tokopedia marketplace users in Padang City. Simultaneous test results show that the
influence of price, promotion and ease of shopping together has a positive and significant effect
on online buying interest in the millennial segment of Tokopedia marketplace users in Padang
City.
Keywords: Price, Promotion, Ease of Shopping and Purchase Intention

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: petugas3 tiga
Date Deposited: 24 Oct 2025 04:26
Last Modified: 24 Oct 2025 04:26
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item
View Item