PENGARUH LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK DI KOTA PADANG

HIDAYAT, HARIS DJOFIANDRI (2024) PENGARUH LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK DI KOTA PADANG. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL..pdf] Text
SKRIPSI FULL..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

vii Universitas Dharma Andalas
PENGARUH LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
PRODUK DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA
PENGGUNA APLIKASI TIKTOK DI KOTA PADANG
Haris Djofiandri Hidayat
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas
Jl. Sawahan No. 103 A Simpang Haru kota Padang, Sumatera Barat
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming
terhadap keputusan pembelian produk dengan trust sebagai variabel mediasi pada
pengguna aplikasi tiktok di Kota Padang. Jenis Penelitian adalah metode
Penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
seluruh konsumen yang pernah membeli produk pada aplikasi TikTok di kota
Padang yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel 130.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisa
data yang dipergunakan adalah SEM-Partial Least Square (PLS).
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diperoleh hasil yang dirangkum
sebagai berikut live Streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust
pengguna aplikasi tiktok di Kota Padang. Live streaming berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada pengguna Aplikasi tiktok di
Kota Padang. Trust positif dan tidak berpengaruh sigmifikan terhadap keputusan
pembelian produk pada pengguna Aplikasi tiktok di Kota Padang. Live streaming
positif dan tidak berpengaruh sigmifikan terhadap keputusan pembelian produk
dengan trust sebagai variabel mediasi pada pengguna aplikasi tiktok di Kota
Padang. Berdasarkan prosedur analisis mediasi dalam SEM-PLS Dengan Metode
signifikansi path coefficient menunjukkan bahwa hubungan langsung signifikan,
tetapi hubungan tidak langsung tidak signifikan sehingga dapat diambil
kesimpulan bahwa bentuk mediasinya adalah hubungan langsung non-mediasi
(direct-only non mediatioan)
Kata Kunci : Live Streaming, Trust, Keputusan Pembelian
viii Universitas Dharma Andalas
THE INFLUENCE OF LIVE STREAMING ON PRODUCT PURCHASE
DECISIONS WITH TRUST AS A MEDIATION VARIABLE FOR TIKTOK
APPLICATION USERS IN PADANG CITY
Haris Djofiandri Hidayat
Faculty of Economics and Business, Dharma Andalas University
Jl. Sawahan No. 103 A Simpang Haru, Padang city, West Sumatra
ABSTRACT
This research aims to determine the effect of live streaming on product
purchasing decisions with trust as a mediating variable among TikTok
application users in Padang City. This type of research is a quantitative research
method. The population used in this research is all consumers who have
purchased products on the TikTok application in the city of Padang, the exact
number of which is unknown, with a sample size of 130. The sampling
technique used the purposive sampling method. The data analysis used is SEMPartial
Least Square (PLS).
Based on the results of this research, the results obtained are summarized as
follows. Live streaming has a positive and significant effect on the trust of users
of the TikTok application in Padang City. Live streaming has a positive and
significant effect on product purchasing decisions for TikTok application users in
Padang City. Trust is positive and has no significant effect on product purchasing
decisions for TikTok application users in Padang City. Live streaming is positive
and has no significant effect on product purchasing decisions with trust as a
mediating variable for TikTok application users in Padang City. Based on the
mediation analysis procedure in SEM-PLS with the path coefficient significance
method, it shows that the direct relationship is significant, but the indirect
relationship is not significant, so it can be concluded that the form of mediation
is a direct non-mediation relationship (direct-only non mediation).
Keywords: Live Streaming, Trust, Purchase Decision

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: petugas3 tiga
Date Deposited: 24 Oct 2025 06:48
Last Modified: 24 Oct 2025 06:48
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item
View Item