PENGARUH PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DAN PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KINERJA PENGEMUDI BUS TRANS PADANG

HAKIM, HABIL (2024) PENGARUH PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DAN PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KINERJA PENGEMUDI BUS TRANS PADANG. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of RINGKASAN.pdf] Text
RINGKASAN.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

viii
RINGKASAN
Penelitian ini merupakan penelitian pada karyawan pengemudi bus Trans Padang.
Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Standard Operating Procedure (SOP) dan
Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pengemudi bus Trans Padang”.
Dimana Sumber daya manusia (SDM) memegang peran yang sangat penting
dalam mewujudkan organisasi yang ideal. Demikian halnya pada layanan transportasi
publik yang menekankan bahwa sumber daya manusia yang dalam hal ini pengemudi,
berperan penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan Standar
Operating Prosedur (SOP) adalah prosedur kerja yang dibuat secara detail dan terperinci
bagi semua karyawan untuk melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya sesuai
dengan misi, visi, dan tujuan suatu lembaga, intansi, atau lembaga. Kemudian pelayanan
publik merupakan segala bentuk pelayanan yang diberikan oleh pemerintah baik yang
diselenggarakan oleh lembaga pemerintah itu sendiri ataupun oleh lembaga nonpemerintah
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maupun pelaksanaan ketentuan yang
telah ditetapkan dengan segala sarana, dan perlengkapannya melalui prosedur kerja
tertentu guna memberikan jasa pelayanan dalam bentuk barang dan jasa.
Masalah dalam penelitian ini pada variabel kinerja adalah berdasarkan hasil prasurvei
diperoleh bahwa jumlah penumpang bus Trans Padang pada tahun 2023 dibulan
Januari sampai Desember mengalami fluktuatif, dan hingga pada dua bulan terakhir
terjadi penurunan penumpang dari bulan sebelumnya Sedangkan pada variabel Standar
Operating Prosedur (SOP) dapat dilihat bahwa terdapat beberapa pengalaman dari
masyarakat pengguna bus Trans Padang terkait ketidakpatuhan pengemudi dengan SOP.
kurangnya penerapan SOP yang dilakukan oleh pengemudi bus Trans Padang kepada
masyarakat membuat pelayanan menjadi terhambat dan kurang efektif, hal ini juga
merupakan masalah dari variabel pelayanan publik.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari Standar Operating Prosedur (SOP)
dan Pelayanan publik secara parsial dan simultan terhadap Kinerja pengemudi bus Trans
Padang. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang karyawan dengan menggunakan
metode sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian adalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda
oleh SPSS versi 26, jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
hasil uji t terhadap variabel Standar Operating Prosedur (SOP) dan Pelayanan publik
masing-masing sebesar 0,000 dan 0,000 < 0,05 yang sehingga kedua variabel tersebut
berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja pengemudi. Sedangkan hasil uji F
ix
memperoleh nilai Fhitung diperoleh sebesar 57,388 > 3,94 dengan nilai signifikansi 0,000 <
0,05, yang berarti Standar Operating Prosedur (SOP) dan Pelayanan publik berpengaruh
secara simultan dan signifikan terhadap kinerja pengemudi. Hasil uji Koefisien
determinasi R2 diperoleh nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,542 atau 54,2%,
jadi bisa diambil kesimpulan besarnya pengaruh variabel Standar Operating Prosedur
(SOP) dan Pelayanan Piblik terhadap Kinerja pengemudi sebesar 54,2% sedangkan
sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dicantumkan dalam penelitian ini.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan perusahaan agar
dapat lebih memperhatikan kinerja sehingga kinerja pengemudi bus Trans Padang akan
menjadi semakin baik jika Perusahaan mempunyai SOP yang baik pula, dengan cara
perusahaan selalu memperbaiki SOP sesuai dengan perkembangan. Kemudian peneliti
menyarankan juga agar SOP dibukukan sehinnga ketika ada perubahan dapat dicatat.
Dengan cara tersebut akan lebih memudahkan pengemudi baru maupun lama untuk
menjadikan SOP sebagai alat untuk bekerja dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan
perusahaan. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian
selanjutnya, penelitian ini juga dapat dilakukan kembali dengan menambahkan variabelvariabel
yang secara teori memungkinkan dapat mendukung variabel terikat kepuasan
kerja antara lain : kompensasi, lingkungan kerja, dan beban kerja.
Kata Kunci : Standar Operating Prosedur (SOP), Pelayanan Publik, dan Kinerja
Pengemudi
x
SUMMARY
This research is a study on Trans Padang bus driver employees. This research
takes the title: "The Effect of Standard Operating Procedure (SOP) and Public Services
on the Performance of Trans Padang bus drivers".
Where human resources (HR) play a very important role in realizing an ideal
organization. Likewise, in public transportation services which emphasize that human
resources, in this case the driver, play an important role in providing services to the
community. Meanwhile, Standard Operating Procedures (SOP) are work procedures that
are made in detail and in detail for all employees to carry out their work as well as
possible in accordance with the mission, vision and goals of an institution, agency or
institution. Then public services are all forms of services provided by the government,
both those organized by government institutions themselves or by non-government
institutions to meet community needs as well as the implementation of predetermined
provisions with all facilities, and equipment through certain work procedures in order to
provide services in the form of goods and services.
The problem in this study on the performance variable is that based on the results
of the pre-survey it was found that the number of Trans Padang bus passengers in 2023
from January to December fluctuated, and until the last two months there was a decrease
in passengers from the previous month While on the Standard Operating Procedure
(SOP) variable, it can be seen that there are several experiences from the Trans Padang
bus user community regarding driver non-compliance with the SOP. the lack of
application of the SOP by Trans Padang bus drivers to the community makes services
hampered and less effective, this is also a problem of public service variables.
This study aims to determine the effect of Standard Operating Procedures (SOP)
and public services partially and simultaneously on the performance of Trans Padang
bus drivers. The sample in this study were 100 employees using the saturated sample
method, namely all the population was sampled. The data analysis technique used in the
study was to use multiple linear regression analysis techniques by SPSS version 26,
quantitative research type. The results of this study indicate that the results of the t test
on the Standard Operating Procedure (SOP) and public service variables are 0.000 and
0.000 <0.05, respectively, so that the two variables have a significant effect on the driver
performance variable. Meanwhile, the results of the F test obtained an Fcount value of
57.388> 3.94 with a significance value of 0.000 <0.05, which means that Standard
Operating Procedures (SOP) and public services simultaneously and significantly affect
driver performance. The test results of the coefficient of determination R2 obtained the
xi
adjusted R square coefficient (R2) of 0.542 or 54.2%, so it can be concluded that the
influence of the Standard Operating Procedure (SOP) and Public Service variables on
driver performance is 54.2% while the rest is explained by other variables not included
in this study.
This research is expected to be taken into consideration by the company so that it
can pay more attention to performance so that the performance of Trans Padang bus
drivers will get better if the company has a good SOP as well, by the way the company
always improves the SOP in accordance with developments. Then the researcher also
suggested that the SOP be recorded so that when there are changes it can be recorded.
In this way, it will make it easier for new and old drivers to make the SOP a tool for
working and achieving the goals set by the company. This research is also expected to
be a reference for further research, this research can also be carried out again by
adding variables that are theoretically possible to support the dependent variable of job
satisfaction including: compensation, work environment, and workload.
Keywords: Standard Operating Procedures (SOP), Public Services, and the
Performance of Drivers

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: petugas3 tiga
Date Deposited: 25 Oct 2025 02:07
Last Modified: 25 Oct 2025 02:07
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item
View Item