NURHASANAH, FITRIANI (2024) PENGARUH BRAND IMAGE KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MENGIKUTI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
BAB I.pdf
Download (433kB)
BAB V.pdf
Download (104kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (323kB)
RINGKASAN.pdf
Download (105kB)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ix
RINGKASAN
Di tahun 2022 mahasiswa yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa
Merdeka Batch Kedua di Universitas Padjadjaran sebanyak 245 mahasiswa dari berbagai
daerah dan Universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan pada tahun 2023
Universitas Padjadjaran (UNPAD) membuka dan menerima mahasiswa dari berbagai
daerah di seluruh Indonesia sebanyak 1.194 mahasiswa yang mana jumlah peserta
Program Pertukaran Mahasiswa ini mengalami peningkatan lima kali lipat dibandingkan
tahun sebelumnya. Penulis ingin mengkaji apa yang mempengaruhi mahasiswa memilih
Universitas Padjadjaran sebagai Universitas tujuan untuk mengikuti PMM.
Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu Brand Image, Kualitas Pelayanan, dan
Word Of Mouth Terhadap Keputusan Mahasiswa Mengikuti Program Pertukaran
Mahasiswa Merdeka. Populasi dalam penelitian pada mahasiswa/i yang pernah mengikuti
PMM di Universitas Padjadjaran sebanyak 245 mahasiswa dengan sampel sebanyak 75
responden. Data yang diperoleh disebut data primer, dengan pengambilan data diambil
dengan penyebaran kuesioner, kemudian diolah dan diuji dengan menggunakan SPSS 23.
Dari penelitian yang dilakukan diketahui berdasarkan hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa Brand Image, Kualitas Pelayanan, dan Word Of Mouth berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa Mengikuti Program Pertukaran
Mahasiswa Merdeka.
Hal ini jika dilihat dari uji t variabel brand image yaitu berarti bahwa semakin
tinggi nya nilai Brand Image yang dimiliki oleh Universitas Padjadjaran, maka akan
semakin banyak pula mahasiswa yang akan memilih UNPAD sebagai pilihan Universitas
untuk mengikuti PMM. Hal ini jika dilihat dari uji t variabel kualitas pelayanan yaitu
berarti semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh Universitas Padjadjaran
terhadap mahasiswa/i nya, maka pelayanan ini akan menentukan banyaknya mahasiswa/i
memilih UNPAD sebagai pilihan Universitas untuk mengikuti PMM. Hal ini jika dilihat
dari uji t variabel word of mouth yaitu berarti semakin tinggi tingkat kepuasan yang
dirasakan oleh mahasiswa/i alumni PMM UNPAD, maka rekomendasi dari lulusan
mahasiswa PMM akan memberikan dampak kepada calon mahasiswa yang akan
mengikuti PMM di UNPAD. Hasil Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan bahwa besar
pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan, dan Word Of Mouth pada Keputusan
Mahasiswa Mengikuti Program PMM adalah sebesar 62,2%, sedangkan sisanya 15,5%
dijelaskan oleh variabel lainnya.
Kata Kunci : Brand Image, Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, dan Keputusan
Mahasiswa Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa.
x
SUMMARY
In 2022, 245 students participated in the Second Batch of Merdeka Student
Exchange Program at Universitas Padjadjaran from various regions and universities
spread throughout Indonesia. Whereas in 2023 Padjadjaran University (UNPAD) opened
and accepted students from various regions throughout Indonesia as many as 1,194
students, in which the number of participants in the Student Exchange Program increased
five times compared to the previous year. The author wants to examine what influences
students to choose Padjadjaran University as the destination university to take part in the
PMM.
The variables in this study are Brand Image, Service Quality, and Word Of Mouth
on Student Decisions to Join the Merdeka Student Exchange Program. The population in
the study of students who have participated in PMM at Padjadjaran University is 245
students with a sample of 75 respondents. The data obtained is called primary data, with
data collection taken by distributing questionnaires, then processed and tested using SPSS
23. From the research conducted, it is known that based on the results of hypothesis
testing, it shows that Brand Image, Service Quality, and Word Of Mouth have a positive
and significant effect on Student Decisions to Join the Independent Student Exchange
Program.
This when viewed from the t test of the brand image variable, which means that the
higher the value of the Brand Image owned by Padjadjaran University, the more students
will choose UNPAD as a university choice to take PMM. This when viewed from the t test
of the service quality variable, which means that the better the quality of service provided
by Padjadjaran University to its students, this service will determine the number of
students choosing UNPAD as a university choice to take PMM. This is when viewed from
the t test of the word of mouth variable, which means that the higher the level of
satisfaction felt by students / alumni of PMM UNPAD, the recommendation from PMM
student graduates will have an impact on prospective students who will take PMM at
UNPAD. The results of the Coefficient of Determination (R2) show that the influence of
Brand Image, Service Quality, and Word Of Mouth on Student Decisions to Join the PMM
Program is 62.2%, while the remaining 15.5% is explained by other variables.
Keywords: Brand Image, Service Quality, Word Of Mouth, and Student Decisions to Join
the Student Exchange Program.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | petugas3 tiga |
| Date Deposited: | 25 Oct 2025 04:09 |
| Last Modified: | 25 Oct 2025 04:09 |
| URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1490 |
