Suci Amanda Purba, Rica (2024) PENGARUH AFFILIATE MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM TIKTOK (Studi kasus pada mahasiswa FEB Universitas Dharma Andalas. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
Bab I Rifki.pdf
Download (128kB)
Bab V Rifki.pdf
Download (32kB)
Dafpus rifki.pdf
Download (39kB)
skripsi lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, manusia dimudahkan oleh adanya internet, salah satunya memudahkan dalam hal berbelanja yang bisa di akses melalui aplikasi TikTok. Di mana dalam aplikasi tersebut mempunyai fitur pemasaran yaitu affiliate marketing dan online customer review, yang merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah affiliate marketing dan online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Metode pengumpulan datanya menggunakan kuisioner dengan sampel 260 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial affiliate marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,133 > t tabel 1,650, dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 8,670 > 1,650,. Secara simultan menunjukkan bahwa affiliate marketing dan online customer review pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di platform TikTok dengan nilai signisikan 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 452,615 > F tabel 2,64.
Kata Kunci : Affiliate Marketing, Online Customer Review, Keputusan Pembelian
X
ABSTRACT
As time and technology develop, the internet makes things easier for humans, one of which is making shopping easier, which can be accessed through the TikTok application. Where the application has marketing features, namely affiliate marketing and online customer reviews, which are factors that can influence increased sales. This research aims to test whether affiliate marketing and online customer reviews influence purchasing decisions.
The type of research used in this research is quantitative research. The population of this research were all students from the Faculty of Economics and Business, Dharma Andalas University. The data collection method uses a questionnaire with a sample of 260 respondents. Data analysis used in this research uses multiple linear regression analysis.
The results of this research show that partially affiliate marketing has a positive and significant effect on purchasing decisions with a significance value of 0.002 < 0.05 and a calculated t value of 3.133 > t table 1.650, and online customer reviews have a positive and significant effect on purchasing decisions with a significance value of
0.000 < 0.05 and the calculated t value is 8.670 > 1.650. Simultaneously, it shows that affiliate marketing and online customer reviews have a positive and significant influence on purchasing decisions on the TikTok platform with a significance value of
0.000 < 0.05 and a calculated F value of 452.615 > F table 2.64.
Keywords: Affiliate Marketing, Online Customer Reviews, Purchase Decisions
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | petugas4 empat |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 03:45 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 03:45 |
| URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1536 |
