Muhammad Akbar, Taufiq (2024) Implementasi Sosial Media Marketing CV. Padang Gadget Indonesia Cabang Solok Melalui Sosial Media Instagram Pada Program Akhir Tahun 2023. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK TAUFIQ.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK TAUFIQ.pdf
Download (11kB)
![[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of BAB V PENUTUP.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V PENUTUP.pdf
Download (11kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (375kB)
![[thumbnail of full.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi sosial media
marketing CV. Padang Gadget Indonesia cabang Solok melalui media sosial
Instagram pada program akhir tahun 2023, baik dari sisi strateginya,
implementasinya, hingga tantangannya. Strategi sosial media marketing yang
diterapkan oleh CV. Padang Gadget Indonesia cabang Solok guna meningkatkan
brand awareness, meningkatkan penjualan, serta memperluas jangkauan pasar.
Sebagai salah satu sumber informasi termasif, sosial media menjadi kanal
pemasaran yang sangat efektif dan efisien. Untuk mendeskripsikan penelitian ini,
peneliti menggunakan teori AIDDA. Dalam teori ini terdapat 5 (lima) tahapan /
strategi sosial media marketing yakni Attention, Interest, Desire, Decision, dan
Action. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian yang
menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau ucapan, serta perilaku orang yang
diamati. Metode ini diterapkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran
orang secara individual maupun kelompok. CV. Padang Gadget Indonesia cabang
Solok telah mengimplementasikan teori AIDDA dalam strategi sosial media
marketing yang mereka terapkan. Pada setiap konten yang diproduksi untuk
masing-masing teori AIDDA, CV. Padang Gadget Indonesia cabang Solok fokus
pada 3 (tiga) poin penting yakni pilihan tampilan/desain dan konten yang sesuai
dengan target pasar dan narasi yang konsisten. Pada program akhir tahun 2023,
strategi implementasi sosial media marketing CV. Padang Gadget Indonesia
cabang Solok berhasil menunjukkan hasil yang positif. Hal ini dilihat dari
peningkatan penjualan dan peningkatan insight sosial media Instagram
@padanggadget_solok. Sedangkan hambatan yang dihadapi adalah pengelolaan
jadwal pembuatan konten. Strategi yang diterapkan juga selalu dievaluasi pada
setiap akhir bulan atau setiap program. Melalui strategi ini, CV. Padang Gadget
Indonesia cabang Solok mampu menjadi top-of-mind dan tetap menjadi pilihan
utama bagi target pasar CV. Padang Gadget Indonesia cabang Solok.
Kata kunci : Sosial Media, Marketing, CV. Padang Gadget
Indonesia Cabang Solok.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:38 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:38 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/206 |