Sasmita, Wilda (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Dharmasraya dalam mempromosikan Festival Pamalayu. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (311kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dinas Pariwisata Kabupaten Dharmasraya menghadapi berbagai alasan yang
menyebabkan kegagalan dalam mempromosikan Festival Pamalayu. Melihat
tantangan yang dihadapi oleh Dinas Pariwisata dalam mempromosikan festival
ini, peneliti merasa tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai strategi
komunikasi yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Dharmasraya dalam
Mempromosikan Festival Pamalayu. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian kualitatif, data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam dan
metode dokumentasi kepada informan, analisis data menggunakan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Teori yang
digunakan pada penelitian ini yaitu teori komunikasi Laswel. Lasswell
menyatakan bahwa cara yang terbaik untuk menerangkan proses komunikasi
adalah menjawab pertanyaan: who says what in which channel to whom with what
effect (siapa mengatakan apa melalui saluran apa kepada siapa dengan efek apa).
Jawaban bagi pertanyaan paradigmatik (paradigmatic question) Lasswell itu
merupakan unsur-unsur proses komunikasi, yaitu communicator (komunikator),
message (pesan), media/channel (media), receiver (komunikan/penerima), dan
effect (efek). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang
digunakan oleh dinas pariwisata kabupaten dharmasraya dalam mempromosikan
festival pamalayu adalah dengan kampanye multimedia, kampanye dengan media
cetak, kerjasama lintas wilayah, dan melibatkan masyarakat lokal. Sedangkan
faktor penghambat strategi komunikasi pemasaran festival pamalayu yaitu,
keterbatasan akses teknologi, Minimnya SDM, dan Ketidakpedulian atau
Ketidaktahuan.
Kata Kunci: Komunikasi, Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran,
Festival Pamalayu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:58 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/296 |