Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Dharmasraya dalam mempromosikan Festival Pamalayu

Sasmita, Wilda (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Dharmasraya dalam mempromosikan Festival Pamalayu. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dinas Pariwisata Kabupaten Dharmasraya menghadapi berbagai alasan yang
menyebabkan kegagalan dalam mempromosikan Festival Pamalayu. Melihat
tantangan yang dihadapi oleh Dinas Pariwisata dalam mempromosikan festival
ini, peneliti merasa tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai strategi
komunikasi yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Dharmasraya dalam
Mempromosikan Festival Pamalayu. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian kualitatif, data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam dan
metode dokumentasi kepada informan, analisis data menggunakan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Teori yang
digunakan pada penelitian ini yaitu teori komunikasi Laswel. Lasswell
menyatakan bahwa cara yang terbaik untuk menerangkan proses komunikasi
adalah menjawab pertanyaan: who says what in which channel to whom with what
effect (siapa mengatakan apa melalui saluran apa kepada siapa dengan efek apa).
Jawaban bagi pertanyaan paradigmatik (paradigmatic question) Lasswell itu
merupakan unsur-unsur proses komunikasi, yaitu communicator (komunikator),
message (pesan), media/channel (media), receiver (komunikan/penerima), dan
effect (efek). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang
digunakan oleh dinas pariwisata kabupaten dharmasraya dalam mempromosikan
festival pamalayu adalah dengan kampanye multimedia, kampanye dengan media
cetak, kerjasama lintas wilayah, dan melibatkan masyarakat lokal. Sedangkan
faktor penghambat strategi komunikasi pemasaran festival pamalayu yaitu,
keterbatasan akses teknologi, Minimnya SDM, dan Ketidakpedulian atau
Ketidaktahuan.
Kata Kunci: Komunikasi, Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran,
Festival Pamalayu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi
Depositing User: Sarah Marnia
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:58
Last Modified: 08 Aug 2025 02:58
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item
View Item