Dinda Rahayu, Sinta (2023) EVALUASI KINERJA PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK PROVINSI SUMATERA BARAT ( STUDI KASUS - ANGKUTAN UMUM - SUNGAI GERINGGING). S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of FULL.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Angkutan umum adalah transportasi yang digunakan untuk umum sebagai alat
pengangkut barang atau orang dari satu tempat ke tempat lain, yang disediakan oleh
pribadi, swasta, atau pemerintah dan dapat digunakan oleh siapa saja dengan cara
membayar atau sewa. Berdasarkan informasi pengelola bus dan pendapat masyarakat
yang menggunakan bus rute Padang-Sungai Geringging, pengguna bus angkutan umum
tersebut mengalami penurunan karena adanya moda transportasi umum lain yaitu kereta
api dan bus travel. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan pelayanan bus
angkutan umum rute Padang-Sungai Geringging. Analisis data menggunakan metode
Importance Performance Analysis dan pedoman teknis penyelenggaraan angkutan umum
adalah SK Dirjen Perhubungan Darat No.687/AJ.206/DRJD/2002.
Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui kinerja angkutan umum, untuk nilai load factor
bus angkutan umum trayek Padang-Sungai Geringging sebesar 79,17% dan nilai load
factor bus angkutan umum trayek Sungai Geringging-Padang sebesar 88,53% nilai
tersebut lebih besar dari standar 70% sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah
pengguna melebihi kapasitas kursi yang ada pada bus angkutan umum tersebut.
Kecepatan perjalanan angkutan umum adalah 47 Km/jam, headway yang diperoleh pada
trayek Padang-Sungai Geringging adalah 107 menit, waktu tunggu yang diperoleh dari
angkutan umum trayek Padang-Sungai Geringging adalah 53 menit, waktu pelayanan
selama 12 jam yaitu pada jam 06.00-19.00 dan jumlah kendaraan yang beroperasi pada
rute Padang-Sungai Geringging dan Sungai Geringging-Padang adalah 14 unit kendaraan.
Berdasarkan hasil metode Importance Performance Analysis maka fokus perbaikan
pelayanan angkutan umum terletak pada kuadran I, dimana harapan bernilai tinggi
sedangkan kinerja lebih rendah. Adapun indikator kuadran I adalah kecepatan angkutan
saat perjalanan, kejelasan informasi dan jadwal rute, lama menunggu angkutan dan rasa
aman atas kejahatan saat berada dalam angkutan.
Kata kunci: Angkutan Umum, Evaluasi Pelayanan, Headway, Load Factor, Kecepatan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Farmasi, Sains, dan Teknologi > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 04:23 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 04:23 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/319 |