FIRMAN, AFRIZAL FIRMAN (2024) EVALUASI DAN DESAIN U-TURN PADA RUAS JALAN NASIONAL DI KOTA PADANG KM 7. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
![[thumbnail of abstrack.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrack.pdf
Download (9kB)
![[thumbnail of bab 1 hari ini.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1 hari ini.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of bab 5.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of skripsi Afrizal Full.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi Afrizal Full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Permasalahan transportasi di kota-kota besar di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu sejalan dengan pertumbuhan populasi. Hal ini berdampak terhadap kinerja ruas jalan, dan perilaku gerak putar balik (u-turn) pada bukaan median jalan khususnya di Jalan Bypass Padang Km 7 Depan Rumah Sakit Semen Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja ruas jalan dan u-turn. Pedoman yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dan Pedoman Perencanaan Putar Balik (2005). Berdasarkan hasil analisis maka didapatkan kinerja ruas jalan menggunakan indikator tingkat pelayanan pada kategori C. Sedangkan kinerja fasilitas u-turn adalah 8-10 detik, artinya sudah sesuai dengan standar Pedoman Perencanaan Putar Balik 2005 yaitu lebih kecil dari 14 detik. Metodologi Penelitian adalah Survei pendahuluan untuk mengetahui lokasi Penelitian metode Penelitian, dan penentuan waktu Penelitian. Identifikasi Masalah Salah satu pengaruh ketika melakukan U-turn pada putar balik di Jalan Bypass Km 7 Kota Padang U-Turn Studi Literatur ini mengumpulkan literatur yang berhubungan dengan penelitian ini tentang transportasi jalan raya dan fasilitas putaran balik Tahap Pengumpulan data pada penelitian ini dibagi menjadi dua Data Sekunder Data Primer
Hasil Penelitian yang lakukan menunjukan adanya tundaan kendaraan pada jam-jam sibuk yang membuat terjadinya kemacetan oleh karena itu penulis merekomendasikan beberapa alternative pada U-Turn dengan alternative pertama adalah dengan menambahkan bukaan untuk kendaraan putar balik alternative 2 dengan melakukan pelebaran U-Turn dan alternative 3 adalah dengan melakukan penambahan U-Turn guna mengurangi tundaan kendaraan .
Kata Kunci : Putar Balik, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Desain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Farmasi, Sains, dan Teknologi > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | muhammad hafiz |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 03:40 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/375 |