STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA SMK NEGERI 8 PADANG

Anggraini Erika, Aulia (2024) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA SMK NEGERI 8 PADANG. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kenakalan pada siswa terjadi karena kondisi siswa yang masih labil atau dalam
masa sedang mencari jati dirinya, selain itu kenakalan siswa juga dapat
dipengaruhi dari lingkungan nya, baik dari lingkungan keluarga, pertemanan,
maupun lingkungan masyarakat. Dengana komunikasi antara guru dan siswa
yang bermasalah, akan mengalami kepuasan tersendiri dan mengalami katarsis
(pelepasan masalah yang mendasarkan dengan kelegaan dan pegertian tentang
masalah). Tetapi dalam membantu menyelesaikan masalah murid, guru BK
membutuhkan berbagai cara untuk dapat mengetahui masalah yang sebenarnya,
serta dapat memberikan pengertian kepada murid bahwa murid sedang
bermasalah. Maka dari itu sangat di buruhkan strartegi komunikasi interpersonal
supaya murid yang bermasalah dapat mengungkapkan sesuatu tersembunyi di
bawah kesadaran diri, di bawah kemampuan diri dan dibawah perasaan diri.
Strategi komunikasi interpersonal sendiri sangat berpengaruh besar dalam
merubah sikap siswa yang buruk. Karena bertatap muka atau secara individu
guru akan lebih tau alasan mengapa siswa melakukan perbuatan itu, dengan itu
memudahkan guru untuk mencari solusi ataupun untuk menghilangkan prilaku
buruk siswa tersebut. Komunikasi merupakan salah satu aspek penting dalam
kehidupan manusia, dalam komunikasi terbagi menjadi beberapa jenis macam
komunikasi, antara lain: komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan deskriptif dan menggunakan teori Penetrasi Sosial. Hasil dari
penelitian ini menjelaskan strategi komunikasi interpersonal guru bimbingan dan
konseling dalam menangani kenakalan siswa SMK Negeri 8 Padang dengan
penuh rasa empati, pengertian, keterbukaan dan hubungan yang baik terhadap
siswa.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Interpersonal, Siswa, Guru Bimbingan
dan Konseling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi
Depositing User: Sarah Marnia
Date Deposited: 09 Aug 2025 05:13
Last Modified: 09 Aug 2025 05:13
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item
View Item