Hardiningsih, Nikken (2024) STRATEGI KOMUNIKASI KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA DESTINASI WISATA GEOPARK SILOKEK. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK CD NIKKEN HERDININGSIH.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK CD NIKKEN HERDININGSIH.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of BAB I CD NIKKEN HERDININGSIH.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I CD NIKKEN HERDININGSIH.pdf
Download (225kB)
![[thumbnail of BAB V CD NIKKEN HERDININGSIH.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V CD NIKKEN HERDININGSIH.pdf
Download (14kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA CD NIKKEN HERDININGSIH.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA CD NIKKEN HERDININGSIH.pdf
Download (402kB)
![[thumbnail of SKRIPSI NIKKEN HERD1ININGSIH FULL CD 1.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NIKKEN HERD1ININGSIH FULL CD 1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Geopark Silokek merupakan salah satu aset yang potensial untuk dikembangkan
di kabupaten sijunjung yang memiliki keindahan dan keunikan alam yang akan
memanjakan mata wisatawan. Geopark silokek sudah ditetapkan sebagai geopark
nasional pada november 2018 dan sedang dalam pengajuan ke UGG (unesco
global geopark). destinasi wisata geopark silokek juga termasuk kedalam 50 desa
wisata terbaik yang di resmikan oleh menparekraf sandiaga uno, geopak silokek
juga dijadikan sebagai tuan rumah arung jeram pada tahun 2019 yang dihadiri
oleh 250 atlit dari berbagai negara, namun destinasi wisata geopark silokek masih
belum diketahui oleh masyarakat luas hal ini sesuai dengan data jumlah
pengunjung beberapa tahun terakhir. Metode penelitian ini adalah desriptif
kualitatif dengan menggunakan teori AIDDA oleh Wilbur Schramm untuk
menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh kelompok sadar wisata
dalam meningkatkan kunjungan wisatawan pada destinasi wisata geopark silokek.
Hasil penelitian ini adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh pokdarwis
adalah dengan mempromosikan melalui media sosial tiktok dan instagram dengan
membuat konten-konten yang memperlihatkan keindahan dan keunikan yang ada
di geopark silokek, serta pokdarwis juga mengadakan berbagai event yang akan
menarik kunjungan wisatawan sehingga terjadi peningkatan jumlah wisatawan.
Dinas pariwisata pemuda dan olahraga kabupaten sijunjung memiliki strategi
khusus untuk mempromosikan geopark silokek yaitu dengan mewajibkan seluruh
sekolah dan kantor instansi pemerintahan yang ada di kabupaten sijunjung untuk
memakai logo geopark ranah minang silokek agar lebih dikenal oleh masyarakat
luas.
Kata Kunci: Komunikasi Pariwisata, Destinasi Wisata, Geopark Silokek
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/425 |