Wahyuni, Rahmi Sri (2024) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENGATASI DAMPAK SMARTPHONEPADA PERKEMBANGAN KOMUNIKASI SISWA KELAS 6 SDN 04 BATIPUAH BARUAH KABUPATEN TANAH DATAR PROVINSI SUMATERA BARAT. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
![[thumbnail of BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of BAB V (PENUTUPAN).pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V (PENUTUPAN).pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (15kB)
![[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP- RAHMI SRI WAHYUNI (20140049).pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LENGKAP- RAHMI SRI WAHYUNI (20140049).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kemajuan teknologi, termasuk perkembangan smartphone, memberikan dampak
positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Penggunaan smartphone yang
berlebihan pada anak-anak, khususnya siswa Sekolah Dasar (SD), dapat
menghambat perkembangan komunikasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji strategi komunikasi interpersonal guru dalam mengatasi dampak negatif
penggunaan smartphone pada perkembangan komunikasi siswa kelas 6 di SDN 04
Batipuah Baruah, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang efektif antara guru dan siswa
dapat mengurangi dampak negatif penggunaan smartphone dan mendukung
perkembangan komunikasi siswa. Strategiyang diterapkan meliputi pendekatan
individual, pengawasan penggunaan smartphone, dan integrasi teknologi dalam
pembelajaran secara bijak. Guru-guru menggunakan berbagai teknik untuk
berinteraksi langsung dengan siswa, membangun hubungan yang lebih dekat dan
memahami kebutuhan serta kesulitan mereka. Selain itu, guru juga memberikan
bimbingan dan arahan tentang penggunaan smartphone yang tepat dan sehat.
Integrasi teknologi dalam pembelajaran dilakukan dengan hati-hati agar siswa
dapat memanfaatkan smartphone sebagai alat bantu belajar tanpa mengabaikan
aspek komunikasi interpersonal. Penelitian ini memberikan kontribusi penting
dalam bidang pendidikan dengan menawarkan solusi praktis untuk mengatasi
dampak negatif teknologi pada anak-anak.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Strategi Komunikasi, Dampak,
Smartphone, Komunikasi Siswa, Process View
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/431 |