s, Rosalina (2024) PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK SIKAP KEMANDIRIAN ANAK ASUH USIA MIDDLE CHILDHOOD (Studi Kasus pada LSM Panti Asuhan Muhammadiyah Kec. Kuranji, Kota Padang). S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (406kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (291kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini menganalisis penerapan strategi komunikasi interpersonal
pengasuh dalam membentuk kemandirian anak asuh usia middle childhood
di Panti Asuhan Muhammadiyah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.
Tantangan utama yang dihadapi pengasuh adalah keterbatasan waktu dan
banyaknya anak asuh. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini
menyoroti peran komunikasi interpersonal, terutama aspek keterbukaan,
empati, dan dukungan, dalam mendukung pengembangan kemandirian
anak. Komunikasi searah efektif dalam memberi arahan, sedangkan
komunikasi dua arah membuka ruang dialog dan umpan balik. Komunikasi
banyak arah menciptakan lingkungan interaktif antara pengasuh dan anak�anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan humanistik dalam
komunikasi interpersonal memiliki pengaruh signifikan terhadap
kemandirian anak. Namun, terdapat kesenjangan antara teori dan praktik,
khususnya dalam penerapan keterbukaan yang masih menjadi tantangan
dalam membentuk kemandirian anak asuh. Penelitian ini
merekomendasikan penguatan strategi komunikasi interpersonal yang lebih
intensif dan adaptif, mencakup ketiga bentuk komunikasi tersebut, untuk
lebih mendukung perkembangan kemandirian anak asuh di panti asuhan.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kemandirian Anak, Panti
Asuhan, Middle Childhood, Strategi Pengasuhan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:07 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:07 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/435 |