Dampak Kampanye Sosial Ekonomi Sirkular Terhadap Perubahan Perilaku Mahasiswa Universitas Dharma Andalas

Dewy, Febriola Amanda Dewy (2025) Dampak Kampanye Sosial Ekonomi Sirkular Terhadap Perubahan Perilaku Mahasiswa Universitas Dharma Andalas. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of TUGAS AKHIR AMANDA BAB IV PENUTUP.pdf] Text
TUGAS AKHIR AMANDA BAB IV PENUTUP.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of TUGAS AKHIR AMANDA DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
TUGAS AKHIR AMANDA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of OK TA.pdf] Text
OK TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tugas akhir ini disusun berdasarkan proyek penulis selama melaksanakan
kegiatan kampanye sosial dengan judul ”Kampanye Sosial dalam Mengubah
Perilaku Mahasiswa Universitas Dharma Andalas terhadap Sampah Botol Plastik
di Instagram” . Masalah sampah botol plastik merupakan isu lingkungan yang
mendesak. Perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan memiliki peran penting
dalam membentuk perilaku mahasiswa yang peduli terhadap lingkungan.
Kampanye sosial ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa
Universitas Dharma Andalas tentang dampak buruk sampah botol plastik dan
mendorong perubahan perilaku ke arah penggunaan tumbler sebagai alternatif
yang lebih ramah lingkungan.Kampanye ini menggunakan pendekatan
komunikasi visual melalui platform Instagram. Penulis berperan sebagai pembuat
konten video iklan berdurasi 1 menit meliputi proses pengambilan gambar dan
penyuntingan, desain spanduk dan brosur, serta partisipasi aktif dalam kegiatan
kampanye selama 60 hari, terhitung dari tanggal 15 Desember hingga 15 Februari.
Hasil yang Kampanye ini berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang
isu sampah botol plastik dan mengubah sikap mereka terhadap penggunaan botol
plastik sekali pakai beralih menggunakan tumbler. Hambatan yang penulis hadapi
selama mengerjakan proyek yaitu penulis di mana ide kreatif harus disesuaikan
dengan tujuan kampanye dan target audiens. Kendala saat produksi, seperti
keterbatasan sumber daya, peralatan yang tidak memadai, dan jadwal yang ketat.
Belum lagi, proses editing yang memakan waktu dan revisi yang berulang ulang
dan penggabungan suara percakapan antara mutiara dan rani di menit 0.27-
0.40 sangat sulit untuk penetapan agar tidak terjadi kesenjangan suara dengan bibir
saat percakpan berlangsung. Setelah video selesai, tantangan berikutnya adalah
bagaimana membuatnya dilihat banyak orang. Terutama mahasiswa universitas
dharma andalas yang tidak semua dari teman yang saling mengikuti anatara jurusan
ilmu komunikasi dengan jurusan lain. Setelah diunggah, video iklan harus bersaing
dengan ribuan konten lain di platform media sosial.
Kata kunci : kampanye sosial, sampah botol plastik , Instagram, perubahan prilaku .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi
Depositing User: muhammad hafiz
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:48
Last Modified: 04 Aug 2025 03:48
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item
View Item