Regita, Mutiara Cahaya Regita (2025) Kampanye Sosial Untuk Perubahan Sikap Mahasiswa Universitas Dharma Andalas Terhadap Sampah Botol Minuman Plastik. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
![[thumbnail of Abstrak Mutiara.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak Mutiara.pdf
Download (9kB)
![[thumbnail of BAB 1 Mutiara.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 Mutiara.pdf
Download (426kB)
![[thumbnail of BAB IV Mutiara.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV Mutiara.pdf
Download (188kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA Mutiara.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA Mutiara.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of ta full MUTIARA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ta full MUTIARA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Masalah sampah plastik, khususnya botol minuman plastik sekali pakai menjadi tantangan serius dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang dan melaksanakan kampanye sosial yang berguna mengubah sikap Mahasiswa Universitas Dharma Andalas terhadap penggunaan botol minuman plastik sekali pakai melalui pendekatan konsep ekonomi sirkular. Metode yang digunakan dalam kampanye sosial ini meliputi penyebaran brosur, pemasangan spanduk, komunikasi interpersonal, focus discussion group (FGD), dan pembuatan konten edukatif di Media Sosial Instagram. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa kampanye sosial ini berhasil meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang dampak negatif sampah botol minuman plastik sekali pakai terhadap lingkungan. Sebanyak 85,7% mahasiswa menyatakan bahwa kampanye sosial ini berpengaruh signifikan terhadap perubahan perilaku mereka dalam mengurangi penggunaan botol minuman plastik sekali pakai dan beralih menggunakan botol minum yang dapat digunakan berulang kali (tumbler). Kampanye sosial ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang efektif dapat mendorong perubahan sikap dan perilaku yang lebih ramah lingkungan di kalangan mahasiswa.
Kata kunci : Kampanye Sosial, Sampah Botol Minuman Plastik, Perubahan Sikap, Mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | muhammad hafiz |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:14 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:14 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/60 |