STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN OLEH SOUL PUNCAK LAWANG DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PUNCAK LAWANG

NIA OKTAVIA, OKTAVIA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN OLEH SOUL PUNCAK LAWANG DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PUNCAK LAWANG. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pelayanan
dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di puncak lawang, serta mengetahui
hambatan dari komunikasi pelayanan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di
puncak lawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana
teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, informan penelitian ini
berjumlah 4 orang yang terdiri dari Kepala koordinator hotel dan restourant, kepala
koordinator lapangan, dan 1 orang karyawan lapangan dan 1 orang lagi pengunjung
Soul Puncak Lawang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa soul puncak
lawang dalam meningkatkan kunjungan menggunakan promosi di media sosial,
media cetak dan media elektronik serta mengembangkan wahana-wahana yang ada
dan melakukan inovasi-inovasi terhadap wahana dan fasilitas yang ada dengan
mempertahankan keaslian dan keasrian lingkungan dan sering mengadalkan event
paralayang yang bertaraf internasional. Pada karyawan mengalami hambatan karena
kurngnya pengembangan dan pengalaman serta ilmu karyawan, serta pergantian
jabatan yang menyebabkan kesulitan dalam memahami pesan yang diterima ditambah
ketersedian fasilatas yang kurang memadai. Sehingga peneliti dapat menarik
kesimpulan bahwa strategi komunikasi pelayanan Soul Puncak Lawang
menggunakan komunikasi internal dan eksternal dalam komunikasi pelayanan.
Kata Kunci: Soul Puncak Lawang, karyawan/sumber daya manusia (SDM),
kegiatan paralayang, promosi.
iv
Service Communication Strategy By The Soul Puncak Lawang In Increasing
Tourist Visits at Puncak Lawang
ABSTRACT
Nama : Nia Oktavia
Bp: 17140009
Email:Niaoktavia392@gmail.com
This study aims to determine the service communication strategy in increasing
tourist visits at the peak of Lawang, and to find out the barriers of service
communication in increasing tourist visits at Puncak Lawang. This study uses
qualitative research methods, where the data collection techniques are by means of
observation, interviews, and documentation. The selection of informants using
purposive sampling technique, the informants of this study amounted to 4 people
consisting of the Head of the Hotel and Restaurant Coordinator, the Head of the
Field Coordinator, and 1 field employee and 1 visitor to Soul Puncak Lawang. The
results of this study indicate that the soul of Puncak Lawang in increasing visits uses
promotions on social media, print media and electronic media as well as developing
existing rides and innovating existing rides and facilities by maintaining the
authenticity and beauty of the environment and often relying on international
paragliding event. Employees experience obstacles due to lack of development and
experience and knowledge of employees, as well as job changes which cause
difficulties in understanding the messages received plus the availability of inadequate
facilities. So that researchers can draw the conclusion that the communication
strategy for Soul Puncak Lawang services uses internal and external communication
in service communication.
Keywords: Soul Puncak Lawang, employees/human resources (HR), paragliding
activities, promotions.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi
Depositing User: petugas2
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:05
Last Modified: 23 Oct 2025 07:05
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item
View Item