PENGARUH SOSIAL MEDIA INFLUENCER DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM AYAM KEJOT DI KOTA PADANG

MELATI, RIMA (2024) PENGARUH SOSIAL MEDIA INFLUENCER DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM AYAM KEJOT DI KOTA PADANG. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of .RINGKASAN.pdf] Text
.RINGKASAN.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RIMA.pdf] Text
SKRIPSI FULL RIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RINGKASAN
Penelitianinimerupakan penelitian surveipadakonsumen UMKMAyamKejot
dikotaPadang.Penelitian inimengambiljudul:“PengaruhSosialMedia Influencer dan
PromosiPenjualanTerhadapMinatBeliKonsumenPadaUMKMAyamKejotdikota
Padang.”StrategiyangdapatdilakukanolehpelakubisniskulinerUMKMyaitudengan
memanfaatkansosialmedia influencer denganmelakukanPromosiPenjualandisocial
media yangbiasanyadilakukanolehseorang influencer. Fenomenayangterjadisaatini
banyakbermunculan influencer-influencer terkenalyangmembuatkontenmenjelajahi
kulinerandansemuamakananviral,kontenkulinerandapatmenarikminatpenontonnya,
sehinggaakanmempengaruhiminatmerekaterhadapprodukyangdi review. adadasarnya
SosialMedia Influencer adalahorang-orangyangmemilikipengaruhterhadap audiens
ataumediatarget online tertentuyangdapatdipergunakanolehperusahaanuntuk
mensponsoriprodukmerekadengankontenatauinteraksimerekadengan audiens mereka
untuk meningkatkanjangkauan,penjualan,danketerlibatanmelaluiinteraksiyang positif.
DalamPenelitianinipenulismenggunakanpendekatandeskriptifdanpendekatan
kuantitatif.PendekatanDeskriptifadalahpenelitianyangdilakukanuntukmengetahui
nilaivariabelmandiri,baiksatuvariabelataulebihtanpamembuatperbandinganatau
menghubungkandenganvariabellainnya(Sugiyono,2018).Makadalampenelitianini
variabelbebasnyaadalahsosialmedia influencer danpromosipenjualan,sedangkan
variabelterikatnyaminatbelikonsumen.Pendekatankuantitatifyaitupendekatanyang
dalampengumpulandatanyamenggunakankuisioner.Darihasiltersebutdapat
disimpulkanbahwakemampuanvariabelSosialMedia Influencer danPromosiPenjualan
dalammenjelaskanvariabelMinatBelisebesar0,399%Sedangkan0,299%sisanya
dijelaskanolehvariabellainyangtidakditelitidalampenelitianini.(1).Berdasarkanuji
hipotesissecaraparsial(t)menunjukanvariabelSosialMedia Influencer berpengaruh
positifdansignifikanterhadapMinatBelipadaUMKMAyamKejotdikotaPadang.
(2).Berdasarkanujihipotesissecaraparsial(t)menunjukanvariabelPromosiPenjualan
berpengaruhpositifdansignifikanterhadapMinatBelipadaUMKMAyamKejotdikota
Padang.(3).Berdasarkanujihipotesissecarasimultan(F)menunjukanvariabelSosial
MediaInfluencerdanPromosiPenjualanberpengaruhpositifdansignifikanterhadap
MinatBelipadaUMKMAyamKejotdikotaPadang.
KataKunci:SosialMediaInfluencer,PromosiPenjualandanMinatBeli
V
SUMMARY
ThisresearchisasurveyresearchonKejotChickenMSMEconsumers
in thecityofPadang.Thisresearchtakesthetitle:"TheInfluenceofSocialMedia
InfluencersandSalesPromotionsonConsumerPurchaseInterestinKejotChicken
MSMEsinthecityofPadang."ThestrategythatcanbecarriedoutbyMSMEculinary
businessactorsisbyutilizingsocialmediainfluencersbycarryingoutsalespromotions
on socialmediawhichareusuallycarriedoutbyaninfluencer.Thecurrentphenomenon
is thatmanyfamousinfluencershaveemergedwhocreatecontentexploringculinaryand
all viralfoods.Culinarycontentcanattracttheinterestoftheaudience,sothatitwill
influencetheirinterestintheproductbeingreviewed.Basically,SocialMediaInfluencers
are peoplewhohaveinfluenceonaparticularonlinetargetaudienceormediathatcan
be usedbycompaniestosponsortheirproductswiththeircontentorinteractionwiththeir
audiencetoincreasereach,salesandengagementthroughpositiveinteractions.Inthis
researchtheauthorusesadescriptiveapproachandaquantitativeapproach.The
DescriptiveApproachisresearchcarriedouttodeterminethevalueofindependent
variables,eitheroneormorevariableswithoutmakingcomparisonsorconnectingthem
withothervariables(Sugiyono,2018).Sointhisresearchtheindependentvariablesare
socialmediainfluencersandsalespromotions,whilethedependentvariableisconsumer
buyinginterest.Thequantitativeapproachisanapproachthatusesquestionnairesto
collectdata.FromtheseresultsitcanbeconcludedthattheabilityoftheSocialMedia
InfluencerandSalesPromotionvariablesinexplainingthePurchaseInterestvariableis
0.399%,whiletheremaining0.299%isexplainedbyothervariablesnotexaminedinthis
research.(1).Basedonthepartialhypothesistest(t),itshowsthattheSocialMedia
InfluencervariablehasapositiveandsignificanteffectonPurchaseInterestinKejot
ChickenMSMEsinthecityofPadang.(2).Basedonthepartialhypothesistest(t),it
showsthattheSalesPromotionvariablehasapositiveandsignificanteffectonPurchase
InterestamongKejotChickenMSMEsinthecityofPadang.(3).Basedonsimultaneous
hypothesistesting(F),itshowsthatthevariablesSocialMediaInfluencerandSales
Promotion haveapositiveandsignificanteffectonPurchaseInterestinKejotChicken
MSMEsinthecityofPadang.
Keyword:SocialMediaInfluencer,SalesPromotionandInterestedinBuying

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: petugas4 empat
Date Deposited: 27 Oct 2025 03:30
Last Modified: 27 Oct 2025 03:30
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item
View Item