MELATI, RIMA (2024) PENGARUH SOSIAL MEDIA INFLUENCER DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM AYAM KEJOT DI KOTA PADANG. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
.RINGKASAN.pdf
Download (121kB)
BAB I.pdf
Download (134kB)
BAB V.pdf
Download (106kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (104kB)
SKRIPSI FULL RIMA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
RINGKASAN
Penelitianinimerupakan penelitian surveipadakonsumen UMKMAyamKejot
dikotaPadang.Penelitian inimengambiljudul:“PengaruhSosialMedia Influencer dan
PromosiPenjualanTerhadapMinatBeliKonsumenPadaUMKMAyamKejotdikota
Padang.”StrategiyangdapatdilakukanolehpelakubisniskulinerUMKMyaitudengan
memanfaatkansosialmedia influencer denganmelakukanPromosiPenjualandisocial
media yangbiasanyadilakukanolehseorang influencer. Fenomenayangterjadisaatini
banyakbermunculan influencer-influencer terkenalyangmembuatkontenmenjelajahi
kulinerandansemuamakananviral,kontenkulinerandapatmenarikminatpenontonnya,
sehinggaakanmempengaruhiminatmerekaterhadapprodukyangdi review. adadasarnya
SosialMedia Influencer adalahorang-orangyangmemilikipengaruhterhadap audiens
ataumediatarget online tertentuyangdapatdipergunakanolehperusahaanuntuk
mensponsoriprodukmerekadengankontenatauinteraksimerekadengan audiens mereka
untuk meningkatkanjangkauan,penjualan,danketerlibatanmelaluiinteraksiyang positif.
DalamPenelitianinipenulismenggunakanpendekatandeskriptifdanpendekatan
kuantitatif.PendekatanDeskriptifadalahpenelitianyangdilakukanuntukmengetahui
nilaivariabelmandiri,baiksatuvariabelataulebihtanpamembuatperbandinganatau
menghubungkandenganvariabellainnya(Sugiyono,2018).Makadalampenelitianini
variabelbebasnyaadalahsosialmedia influencer danpromosipenjualan,sedangkan
variabelterikatnyaminatbelikonsumen.Pendekatankuantitatifyaitupendekatanyang
dalampengumpulandatanyamenggunakankuisioner.Darihasiltersebutdapat
disimpulkanbahwakemampuanvariabelSosialMedia Influencer danPromosiPenjualan
dalammenjelaskanvariabelMinatBelisebesar0,399%Sedangkan0,299%sisanya
dijelaskanolehvariabellainyangtidakditelitidalampenelitianini.(1).Berdasarkanuji
hipotesissecaraparsial(t)menunjukanvariabelSosialMedia Influencer berpengaruh
positifdansignifikanterhadapMinatBelipadaUMKMAyamKejotdikotaPadang.
(2).Berdasarkanujihipotesissecaraparsial(t)menunjukanvariabelPromosiPenjualan
berpengaruhpositifdansignifikanterhadapMinatBelipadaUMKMAyamKejotdikota
Padang.(3).Berdasarkanujihipotesissecarasimultan(F)menunjukanvariabelSosial
MediaInfluencerdanPromosiPenjualanberpengaruhpositifdansignifikanterhadap
MinatBelipadaUMKMAyamKejotdikotaPadang.
KataKunci:SosialMediaInfluencer,PromosiPenjualandanMinatBeli
V
SUMMARY
ThisresearchisasurveyresearchonKejotChickenMSMEconsumers
in thecityofPadang.Thisresearchtakesthetitle:"TheInfluenceofSocialMedia
InfluencersandSalesPromotionsonConsumerPurchaseInterestinKejotChicken
MSMEsinthecityofPadang."ThestrategythatcanbecarriedoutbyMSMEculinary
businessactorsisbyutilizingsocialmediainfluencersbycarryingoutsalespromotions
on socialmediawhichareusuallycarriedoutbyaninfluencer.Thecurrentphenomenon
is thatmanyfamousinfluencershaveemergedwhocreatecontentexploringculinaryand
all viralfoods.Culinarycontentcanattracttheinterestoftheaudience,sothatitwill
influencetheirinterestintheproductbeingreviewed.Basically,SocialMediaInfluencers
are peoplewhohaveinfluenceonaparticularonlinetargetaudienceormediathatcan
be usedbycompaniestosponsortheirproductswiththeircontentorinteractionwiththeir
audiencetoincreasereach,salesandengagementthroughpositiveinteractions.Inthis
researchtheauthorusesadescriptiveapproachandaquantitativeapproach.The
DescriptiveApproachisresearchcarriedouttodeterminethevalueofindependent
variables,eitheroneormorevariableswithoutmakingcomparisonsorconnectingthem
withothervariables(Sugiyono,2018).Sointhisresearchtheindependentvariablesare
socialmediainfluencersandsalespromotions,whilethedependentvariableisconsumer
buyinginterest.Thequantitativeapproachisanapproachthatusesquestionnairesto
collectdata.FromtheseresultsitcanbeconcludedthattheabilityoftheSocialMedia
InfluencerandSalesPromotionvariablesinexplainingthePurchaseInterestvariableis
0.399%,whiletheremaining0.299%isexplainedbyothervariablesnotexaminedinthis
research.(1).Basedonthepartialhypothesistest(t),itshowsthattheSocialMedia
InfluencervariablehasapositiveandsignificanteffectonPurchaseInterestinKejot
ChickenMSMEsinthecityofPadang.(2).Basedonthepartialhypothesistest(t),it
showsthattheSalesPromotionvariablehasapositiveandsignificanteffectonPurchase
InterestamongKejotChickenMSMEsinthecityofPadang.(3).Basedonsimultaneous
hypothesistesting(F),itshowsthatthevariablesSocialMediaInfluencerandSales
Promotion haveapositiveandsignificanteffectonPurchaseInterestinKejotChicken
MSMEsinthecityofPadang.
Keyword:SocialMediaInfluencer,SalesPromotionandInterestedinBuying
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | petugas4 empat |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 03:30 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 03:30 |
| URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1532 |
