Mas Aswameda Y.N, NI PUTU (2024) PENGARUH KESADARAN HALAL DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KINERJA UMKM KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
ABSTRAK.pdf
Download (169kB)
BAB I.pdf
Download (359kB)
BAB V.pdf
Download (171kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (444kB)
ilovepdf_merged-2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kesadaran halal dan motivasi berwirausaha terhadap kinerja UMKM Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Kota Padang yang telah memiliki sertifikasi halal berjumlah 10.087 pelaku usaha yang didapatkan dari web BPJPH, dengan sampel sebanyak 137 responden. Data diperoleh dengan melakukan kuesioner kemudian diolah dan diuji dengan menggunakan SPSS 21. Dari penelitian yang dilakukan diketahui berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan dari 2 variabel independen kesadaran halal dan motivasi berwirausaha, membuktikan bahwa variabel kesadaran halal lebih mempengaruhi kinerja UMKM dibuktikan dengan nilai beta sebesar 0,408. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa besar pengaruh kesadaran halal dan motivasi berwirausaha terhadap kinerja UMKM Kota Padang sebesar 51,5% sedangkan sisanya 48,5% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti intensi berwirausaha dan orientasi kewirausahaan.
Kata kunci : kesadaran halal, motivasi berwirausaha dan kinerja UMKM
ii
ABSTRACT
This research aims to find out how halal awareness and entrepreneurial motivation influence the performance of Padang City MSMEs. The population in this research is Padang City MSMEs which have halal certification, totaling 10,087 business actors obtained from the BPJPH website, with a sample of 137 respondents. The data was obtained by conducting a questionnaire and then processed and tested using SPSS 21. From the research conducted, it is known that based on the results of hypothesis testing, it shows that the 2 independent variables are halal awareness and entrepreneurial motivation, proving that the halal awareness variable has a greater influence on the performance of MSMEs as evidenced by a beta value of 0.408. The results of the coefficient of determination show that the influence of halal awareness and entrepreneurial motivation on the performance of MSMEs in Padang City is 51.5%, while the remaining 48.5% is influenced by other variables not examined in this research, such as entrepreneurial intentions and entrepreneurial orientation.
Keywords: halal awareness, entrepreneurial motivation and MSME performance
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | petugas4 empat |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:37 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:37 |
| URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1596 |
