Putri, Dinda Edisha Putri (2025) Analisis SWOT sebagai dasar perumusan strategi bersaing bisnis tour and travel pada PT Cidi Young Asian Padang. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
![[thumbnail of .RINGKASAN.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
.RINGKASAN.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (242kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (250kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FUL DINDA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FUL DINDA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing bisnis pada PT Cidi
Young Asian Padang, Penelitian ini berjudul “Analisis SWOT sebagai dasar perumusan
strategi bersaing bisnis tour and travel pada PT Cidi Young Asian Padang”. menggunakan
analisis SWOT guna mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi daya
saing perusahaan.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan Matriks IFE,
EFE, SWOT, CPM, dan QSPM untuk merumuskan strategi yang paling efektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Cidi Young Asian memiliki faktor internal
yang kuat IFE 3,43 dan mampu merespons peluang serta mengatasi ancaman dengan baik
EFE 3,28. Berdasarkan Matriks IE, perusahaan berada di Kuadran I (Tumbuh & Bangun),
menandakan posisi yang kuat dengan peluang besar untuk berkembang. Selain itu, Matriks
CPM mengonfirmasi keunggulan perusahaan dalam pelayanan responsif, fleksibilitas paket
wisata, dan jaringan vendor yang luas.
Strategi utama yang direkomendasikan adalah penetrasi pasar, dengan skor tertinggi
dalam Matriks QSPM (7,58). Strategi ini mencakup peningkatan pemasaran digital, perluasan
kerja sama mitra bisnis, dan peningkatan layanan pelanggan. Dengan penerapan strategi ini,
PT Cidi Young Asian diharapkan dapat meningkatkan daya saing serta pertumbuhan
bisnisnya di industri perjalanan wisata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | muhammad hafiz |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:29 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:29 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/162 |