Ramadhalifa, Reda (2024) Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Membentuk Etika Komunikasi Siswa Kelas 5 di SDN 26 Parak Buruk. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK REDA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK REDA.pdf
Download (11kB)
![[thumbnail of BAB I REDA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I REDA.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of BAB V REDA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V REDA.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA REDA-1.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA REDA-1.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL REDA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL REDA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi komunikasi interpersonal guru
dalam membentuk etika komunikasi siswa kelas 5 di SDN 26 Parak Buruk Kota
Padang. Upaya tersebut dilakukan akibat adanya bentuk komunikasi yang kurang
tepat pada siswa kelas 5 SDN 26 Parak Buruk yang ditakutkan akan ber effect
buruk terhadap perkembangan komunikasi siswa di masa mendatang yang tidak
mencerminkan masa depan bangsa. hal ini mengakibatkan rusak nya image
seorang siswa yang sudah seharusnya memiliki etika komunikasi yang baik dan
mencerminkan seorang anak penerus bangsa. Untuk mendeskripsikan penelitian
ini menggunakan teori penetrasi sosial yang dikemukan oleh Altmant & Taylor
(2008) ada 4 tahapan dalam teori penetrasi sosial yaitu tahap orientasi, tahap
pertukaran aktif eksplorasi, pertukaran afektif dan tahap pertukaran stabil.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian yang
menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau ucapan, serta perilaku orang yang
diamati. Metode ini diterapkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, presepsi, pemikiran
orang secara individual maupun kelompok. Guru wali kelas 5 SDN 26 Parak
Buruk sudah melakukan upaya untuk membentuk etika komunikasi yang baik
bagi siswa untuk menciptakan siswa yang berprestasi dan beretika komunikasi
yang baik bagi penerus masa depan bangsa. Dengan melakukan 4 Tahapan Teori
Penetrasi sosial yaitu tahap orientasi, tahap pertukaran aktif eksplorasi, pertukaran
afektif dan tahap pertukaran stabil dengan penerapan strategi komunikasi
interpersonal guru. Meskipun menghadapi berbagai tantangan dalam menghadapi
berbagai karakter siswa, guru tetap berdedikasi untuk memberikan pengajaran dan
contoh yang baik bagi siswa bagaimana etika komunikasi yang seharusnya dan
menciptakan generasi bangsa yang cerdas, berkualitas, dan memiliki etika
komunikasi yang baik demi masa depan bangsa.
Kata kunci :Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Membentuk
Etika Komunikasi Siswa Kelas 5 di SDN 26 Parak Buruk Kota Padang
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:59 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/433 |