Syifa Oksanda, Zahra (2024) Penerapan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Anak Yang Mengalami Speech Delay Pada PAUD SPS Nurul Ikhlas Nagari Panyalaian. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (8kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (7kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (214kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan
Komunikasi Interpersonal yang terjalin antara guru dengan anak yang mengalami
keterlambatan bicara di PAUD SPS Nurul Ikhlas Nagari Panyalaian. Serta
bagaimana penerapan pendekatan humanistik yang dilakukan guru kepada siswa
dengan kendala speech delay. Pada penelitiana ini peneliti menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Peneliti memilih ketua
PAUD sebagai informan kunci dalam penelitian ini.teknik pengumpulan data
yang digunkan peneliti dalam penelitianini adalah; wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini
adalah (statement of meanings). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa
guru mampu melakukan komunikasi interpersonal dengan anak yang mengalami
keterlambatan bicara menggunakan pendekatan humanistik dengan beberapa
aspek diantaranya; (1) Keterbukaan yang melibatkan komunikasi yang tebuka
antara guru dengan anak. (2) Dinamika Komunikasi yang menggambarkan
komunikasi guru dengan anak, tantangan komunikasi dan metode ketika
pembelajaran. (3) Empati yaitu sikap peduli kepada anak untuk menghindari anak
terisolir oleh lingkunganya. (4) Penghargaan yang menunjukan pemberian
apresiasi dan motivasi, (5) kesteraan dengan memberikan kesempatan yang sama
bagi anak didik. keterbatasan yang dimiliki anak didik hanya memperngaruhi
kualitas kounikaksi guru dengan anak yang tidak sebaik komunikasi dengan anak
pada umumnya.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Speech Delay, Pendekatan
Humanistik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 05:07 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 05:07 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/451 |