PERAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PADA EVENT ORGANIZER PT. PAGADOR KREASI MANDIRI

LUBNA, ANISA LUBNA (2025) PERAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PADA EVENT ORGANIZER PT. PAGADOR KREASI MANDIRI. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of bab i.pdf] Text
bab i.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of bab v.pdf] Text
bab v.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of SKRIPSI FUL ACA.pdf] Text
SKRIPSI FUL ACA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di tengah pesatnya perkembangan media sosial, industri event organizer
mengalami pertumbuhan yang signifikan. Banyaknya perusahaan event organizer
baru yang bermunculan menjadikan pasar semakin kompetitif, banyak pelaku
usaha yang mengandalkan strategi perang harga untuk menarik pelanggan. Salah
satunya PT. Pagador Kreasi Mandiri yang bergerak di bidang jasa
penyelenggaraan kegiatan atau disebut event organaizer, baik itu kegiatan
gathering, khususnya outbound offroad dan rafting. Dalam menghadapi tantangan
tersebut, Instagram menjadi alat yang sangat berperan bagi perusahaan event
organizer untuk tetap relevan dan kompetitif tanpa harus terjebak dalam perang
harga. Instagram memungkinkan perusahaan event organizer untuk
mempromosikan layanan melalui konten visual yang menarik dan menonjolkan
kualitas yang dapat membedakan dari kompetitor lainnya. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Teori marketing communication mix. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik
yang digunakan pada penelitian ini, yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan
teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
kualitatif mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data
dalam penelitian ini diuji menggunakan triagulasi sumber data. Berdasarkan hasil
penelitian mengenai peran instagram sebagai media promosi untuk
mempertahankan pelanggan pada event organizer PT. Pagador Kreasi Mandiri.
Berikut beberapa elemen-elemen utama dalam marketing communication mix
yang digunakan oleh PT. Pagador Kreasi Mandiri. Advertising (Periklanan)
melalui media sosial instagram, dengan mempublikasikan video konten-konten
melalui fiture reels dan Instastory di instagram @pagador_team. Peran instagram
sebagai media promosi pada PT. Pagador Kreasi Mandiri yaitu menghubungi
pelanggan melalui Direct Massage (DM) di instagram yang tujuannya untuk
membangun hubungan dengan calon pelanggan dan mempertahankan pelanggan
loyal, meningkatkan penjualan dan pendapatan. Personal selling yang digunakan
PT. Pagador Kreasi Mandiri dalam mempromosikan event organizer yaitu
menggunakan fitur Q&A dan Live di media sosial instagram untuk berintegrasi
secara langsung dengan pelanggan. PT. Pagador Kreasi Mandiri menggunakan
Sales promotion yang memberikan penawaran diskon khusus atau voucher kepada
pengikut melalui postingan atau Stories, mendorong mereka untuk melakukan
pembelian segera.
Kata kunci: Instagram, Promosi, PT. Pagador Kreasi Mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi
Depositing User: muhammad hafiz
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:03
Last Modified: 04 Aug 2025 03:03
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item
View Item