Ferliansyah, Ferliansyah (2024) PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE, FINANCIAL TECHNOLOGY, MEDIA SOSIAL DAN MODAL TERHADAP PENDAPATAN UMKM KOTA PADANG (STUDI KASUS PADA PELAKU UMKM KOTO TANGAH). S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (9kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL..pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Persaingan yang ketat membuat pelaku UMKM harus memanfaatkan teknologi yang ada
agar dapat bersaing. Meskipun teknologi sudah canggih, banyak dari UMKM di Indonesia
belum memanfaatkannya untuk keberlangsungan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan e-commerce, financial technology,
media sosial dan modal terhadap pendapatan UMKM Kota Padang. Populasi pada
penelitian ini adalah UMKM Kota Padang tepatnya di Kecamatan Koto Tangah dengan
menggunakan metode nonprobability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penggunaan e-commerce tidak berpengaruh terhadap pendapatan umkm. Sedangkan
financial technology, media sosial dan modal berpengaruh terhadap pendapatan UMKM.
Namun, penggunaan e-commerce, financial technology, media sosial dan modal
berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan UMKM Kota Padang. Penelitian
dilakukan hanya mencakup daerah Kecamatan Koto Tangah saja. Untuk penelitian
berikutnya diharapkan untuk melakukan penelitian secara luas.
Kata Kunci: E-Commerce; Financial Technology; Media Sosial; Modal; Pendapatan
UMKM
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:38 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:38 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/575 |