STRATEGI KOMUNIKASI DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD) PARTAI NASDEM KABUPATEN SOLOK DALAM MENSOSIALISASIKAN ANIES BASWEDAN SEBAGAI CAPRES 2024

DZAKI, AFLAH RIFDAH DZAKI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD) PARTAI NASDEM KABUPATEN SOLOK DALAM MENSOSIALISASIKAN ANIES BASWEDAN SEBAGAI CAPRES 2024. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of 01-Abstrak .pdf] Text
01-Abstrak .pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 02-BAB I (PENDAHULUAN).pdf] Text
02-BAB I (PENDAHULUAN).pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 03-BAB V (PENUTUP).pdf] Text
03-BAB V (PENUTUP).pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 04-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
04-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 05_FULL LENGKAP SKRIPSI AFHA-IKOM 19.pdf] Text
05_FULL LENGKAP SKRIPSI AFHA-IKOM 19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan atau program
dari Partai Nasdem Kabupaten Solok dalam merealisasikan salah satu tujuan
politik nya melalui sosialisasi Anies Baswedan ini. Dalam penulisan skripsi ini,
penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif
yaitu, metode untuk mengungkapkan masalah dengan cara memaparkan atau
menggambarkan apa adanya dari penelitian dengan mengaitkan teori Use and
Gratification dan konsep strategi komunikasi Hafied Cangara. Hasil dari
pembahasan skripsi ini adalah Strategi komunikasi yang diterapkan partai Nasdem
Kabupaten Solok dalam sosialisasi Anies Baswedan ialah komunikasi yang
terstruktur dari pimpinan pusat hingga pengurus ke kader di Kabupaten Solok
sehingga pesan dapat tersampaikan secara merata. Strategi komunikasi
menjelaskan tahapan dalam rangkaian aktivitas komunikasi yang berbasis tata
cara pengimplementasian tujuan komunikasi. Tahapan strategi komunikasi
menurut Hafied Cangara terdapat 5 tahapan yaitu Penelitian, Perencanaan,
Pelaksanaan, Evaluasi, dan Pelaporan. Media yang di gunakan yaitu media
komunikasi seperti baliho yang di sebar di beberapa tempat, totebag, kalender dan
juga media sosial seperti website resmi Nasdem pusat, Instagram, WA, Facebook,
Twitter, TikTok dan lain sebagainya.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Teori Use and Gratification, Partai
Nasdem

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi
Depositing User: muhammad hafiz
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:07
Last Modified: 20 Aug 2025 03:07
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item
View Item