Analisis Proses Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Tunarungu dalam Penggunaan Komunikasi Verbal dan Nonverbal di SLB Negeri 1 Padang

Vadisa, Vadisa (2023) Analisis Proses Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Tunarungu dalam Penggunaan Komunikasi Verbal dan Nonverbal di SLB Negeri 1 Padang. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of 1. RINGKASAN.pdf] Text
1. RINGKASAN.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 3. BAB V.pdf] Text
3. BAB V.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 5. SKRIPSI.pdf] Text
5. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemampuan berkomunikasi siswa tunarungu yang dapat dikembangkan jika ada salah satu faktor pendukung. Dapat ketahui bahwa anak tunarungu merupakan yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar baik sebagian atau seluruhnya yang diakibatkan karena tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendegaran dalam kehidupan sehari-hari yang membawa dampak terhadap kehidupan secara kompleks. Kemampuan berkomunikasi yang terbatas yang dimiliki anak tunarungu khususnya pada kemampuan komunikasi verbal menjadi suatu alasan bagi mereka dalam menggunakan bahasa non verbal (isyarat) untuk berinteraksi satu sama lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal guru dan siswa tunarungu dalam penggunaan komunikasi verbal dan nonverbal di SLB Negeri 1 Padang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi interpersonal guru dan siswa tunarungu sudah baik namun dalam penggunaan komunikasi verbal dan nonverbal terdapat hambatan yaitu dalam sulit untuk memahami siswa tunarungu dan penggunaan bahasa dikarenakan keterbatasan kosakata yang dimiliki. Dalam hal ini SLB Negeri 1 Padang belum menerapkan bahasa resmi seperti SIBI (Sistem Bahasa Isyarat Indonesia) dalam proses komunikasi antara guru dan siswa tunarungu dikarenakan siswa tunarungu lebih terbiasa dengan bahasa isyarat sehari-hari (bahasa ibu).
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal ,Tunarungu, Verbal dan Nonverbal, Bahasa Isyarat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi
Depositing User: muhammad hafiz
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:25
Last Modified: 21 Aug 2025 07:25
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item
View Item