PENGARUH PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY, MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KOTA PADANG

Novalista, Friska (2025) PENGARUH PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY, MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.

[thumbnail of Bab 1 repositori.pdf] Text
Bab 1 repositori.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Bab 2 repositori.pdf] Text
Bab 2 repositori.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of Bab 5 repositori.pdf] Text
Bab 5 repositori.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Dapus repositori.pdf] Text
Dapus repositori.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Skripsi friska full fik (1).pdf] Text
Skripsi friska full fik (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of ABSTRAK FRISKA fiks (5).pdf.pdf] Text
ABSTRAK FRISKA fiks (5).pdf.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial technology, media sosial, dan e- commerce terhadap pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian terdiri dari 181 pelaku UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang tahun 2025. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling sehingga setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data meliputi regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji F yang diolah menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM, media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM, dan e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM. Secara simultan, financial technology, media sosial, dan e-commerce secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Padang Timur. Besarnya pengaruh ketiga variabel independen tersebut terhadap pendapatan UMKM adalah sebesar 55,5%.
Kata Kunci: Financial Technology, Media Sosial, E-Commerce, Pendapatan UMKM

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Financial Technology, Media Sosial, E-Commerce, Pendapatan UMKM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: FRISKA NOVALISTA FRISKA
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:45
Last Modified: 03 Oct 2025 07:45
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item
View Item