ARMINIUS, GERRY GARCIA (2024) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN CLOUD ACCOUNTING TERHADAP COFFEE SHOP DI KOTA PADANG. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
ABSTRAK .pdf
Download (117kB)
BAB 1.pdf
Download (125kB)
BAB V .pdf
Download (81kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (118kB)
SKRIPSI FULL fix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Cloud Accounting
Terhadap Coffee Shop di Kota Padang
Gerry Garcia Arminiusa
aAkuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universita Dharma Andalas
ggarminius@gmail.com
ABSTRAK
Teknologi informasi saat sekarang ini sudah semakin canggih dan berkembang
pesat, yang pada akhirnya berdampak cukup signifikan di berbagai aspek kehidupan.
Hal tersebut dapat dilihat dengan semakin banyaknya inovasi yang muncul di
berbagai bidang akuntansi dan salah satu inovasi yang muncul tersebut adalah
hadirnya aplikasi akuntansi berbasis online atau cloud yang biasa disebut dengan
cloud accounting software. Layanan cloud accounting sangat cocok digunakan oleh
UMKM. Coffee shop yang berkembang saat ini menjadikan pelaku coffee shop
semakin canggih dalam penggunaan teknologi dalam usaha yang dijalankan. Salah
satunya adalah penggunaan cloud accounting yang semakin banyak di usaha coffee
shop. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan,
aksesibilitas, dan kompleksitas terhadap minat perilaku coffee shop untuk
menggunakan aplikasi cloud accounting.
Jenis pengujian yang digunakan adalah pendekatan hipotesis untuk
membuktikan hubungan tertentu dari variabel terhadap variabel lainnya berdasarkan
hipotesis yang telah dibuat. Jumlah minimal sampel yang bisa digunakan adalah 30
subjek yang didasarkan dari perhitungan atau syarat pengujian yang lazim digunakan
dalam statistika. Hasil ini sesuai dengan hasil data dilapangan yang mendapatkan hasil
bahwa usaha coffee shop yang menggunakan aplikasi cloud accounting di Kota
Padang berkisar 30 usaha coffee shop (Majoo, 2022). Selain itu Gay (1981),
McMillan & Schumander (1984) berpendapat bahwa minimal sampel untuk penelitian
korelasional adalah 30 subjek. Berdasarkan pemaparan diatas, maka peneliti
memutuskan pada penelitian ini harus mengambil data dari sampel minimal sejumlah
30 coffee shop yang sudah menggunakan software accounting di Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini
adalah persepsi kegunaan, aksesibilitas, dan kompleksitas sebagai variabel
independen dan minat perilaku untuk menggunakan layanan cloud accounting. Hasil
yang didapatkan bahwa variabel persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap
minat perilaku untuk menggunakan layanan cloud accounting pada usaha coffee shop
di Kota Padang. Variabel aksesibilitas berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku
untuk menggunakan layanan cloud accounting pada usaha coffee shop di Kota Padang.
Variabel kompleksitas berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku untuk
menggunakan layanan cloud accounting pada usaha coffee shop di Kota Padang.
Keywords: Aksesibilitas, Cloud Accounting, Kompleksitas, Minat, Persepsi Kegunaan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | petugas3 tiga |
| Date Deposited: | 25 Oct 2025 02:33 |
| Last Modified: | 25 Oct 2025 02:33 |
| URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1470 |
