PENGARUH LETERASI KEUANAGAN,PREPSI RISIKO, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI MILENIAL KOTA PADANG

ADITYA, FADLY (2024) PENGARUH LETERASI KEUANAGAN,PREPSI RISIKO, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI MILENIAL KOTA PADANG. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh literasi keuangan, persepsi risiko dan media sosial terhadap keputusan
investasi pada investor pasar modal generasi milenial Kota Padang. Sampel dalam
penelitian ini adalah investor generasi milenial Kota Padang di pasar modal sebanyak
140 responden. Data penelitian ini bersumber dari kuesioner yang disebarkan secara
langsung ke responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif
dengan menggunakan IBM SPSS Statistik 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi;
persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi;
media sosial berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan investasi, literasi
keuangan, persepsi risiko, dan media sosial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan investasi; variabel berpengaruh pada literasi keuangan terhadap
keputusan investasi, persepsi risiko terhadap keputusan investasi dan media sosial
terhadap keputusan investasi.
Kata Kunci : literasi keuangan, persepsi risiko, dan media sosial terhadap keputusan
investasi
iv
ABSTRACT
The aim of this research is to determine and analyze the influence of financial
literacy, risk perception and social media on investment decisions among millennial
generation capital market investors in Padang City. The sample in this research was
the millennial generation investors in Padang City in the capital market, totaling 140
respondents. This research data comes from questionnaires distributed directly to
respondents. The analytical method used is a quantitative method using IBM SPSS
Statistics 22.0. The research results show that financial literacy has a positive and
significant effect on investment decisions; risk perception has a positive and
significant effect on investment decisions; social media has a positive and significant
effect on investment decisions, financial literacy, risk perception, and social media
has a positive and significant effect on investment decisions; variables influence
financial literacy on investment decisions, risk perception on investment decisions
and social media on investment decisions.
Keywords: financial literacy, risk perception, and social media on investment
decisions

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: petugas1
Date Deposited: 27 Oct 2025 02:23
Last Modified: 27 Oct 2025 02:23
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item
View Item