Ratna Sari, Dewi (2024) STRATEGI KOMUNIKASI IKP PADA DISKOMINFO KABUPATEN PASAMAN BARAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN PENYEBARAN INFORMASI MELALUI MEDIA WEBSITE. S1 thesis, Universitas Dharma Andalas.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (14kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of daftar pustaka.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar pustaka.pdf
Download (153kB)
![[thumbnail of SKRIPSI DEWI RATNA SARI Full.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DEWI RATNA SARI Full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi informasi dan
komunikasi publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)
Kabupaten Pasaman Barat dalam meningkatkan kualitas dan penyebaran informasi
melalui media website. Metode kualitatif digunakan dengan pendekatan studi
deskriptif untuk mendalami bagaimana IKP menerapkan strategi komunikasi dan
dampaknya terhadap efektivitas website sebagai media informasi. Data
dikumpulkan melalui observasi terhadap praktik komunikasi yang diterapkan,
wawancara mendalam dengan staf Diskominfo, serta dokumentasi sebagai bukti.
Teori Penerapan E-Government, yang terdiri dari tiga elemen sukses untuk
pengembangan E-Government (Support, Value, Capacity). Temuan penelitian
menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi transparansi, akurasi dan
mudah diakses serta persiapan yang dilakukan mencakup pembaruan informasi
secara teratur, penggunaan media sosial yang luas, serta pembuatan konten video
untuk meningkatkan daya Tarik dan efektifitas penyebaran informasi terhadap
peningkatan kualitas informasi yang disajikan di website dan memperluas
jangkauan penyebaran informasi kepada masyarakat. Namun, masih terdapat
beberapa tantangan dalam hal pemeliharaan website dan keterlibatan pengguna.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk memaksimalkan potensi website sebagai
sarana komunikasi publik, perlu adanya perbaikan berkelanjutan akan fitur yang
lebih sesuai dengan kebutuhan publik dan gangguan teknis yang diatasi dengan
pengembangan dan perbaikan berkala pada website.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, IKP (Informasi dan Komunikasi Publik),
Website, Diskominfo, Kualitas dan Penyebaran Informasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sarah Marnia |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 06:44 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 06:44 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/398 |