FATHIMAH, ZAHROH (2025) PEMBUATAN VIDEO DOKUMENTASI KEGIATAN TIM PKM-PI UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS (Tungku Elektrik Pelebur Aluminium Bekas Berbasis IoT Untuk UMKM Usaha Bersama Melalui Instagram @pkmpi_alatpeleburaluminium). S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of BAB IV PENUTUP.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV PENUTUP.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of Full Tugas Akhir.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mendokumentasikan kegiatan Tim PKMPI Universitas Dharma Andalas dalam pengembangan Tungku Elektrik Pelebur
Aluminium Bekas berbasis Internet of Things (IoT) untuk UMKM Usaha Bersama.
Dokumentasi ini dibuat sebagai media pelaporan dan promosi melalui Instagram
@pkmpi_alatpeleburaluminium dengan mengacu pada Teori Produksi Media yang
mencakup tiga tahap utama: pra-produksi (perencanaan konsep dan strategi
distribusi), produksi (pengambilan gambar dengan berbagai teknik videografi dan
movement seperti tracking shot, dolly shot, dan handheld shot), serta pasca�produksi (editing dan publikasi konten). Pemanfaatan komunikasi visual dalam
video ini melibatkan elemen warna, tipografi, dan simbol untuk meningkatkan
efektivitas penyampaian pesan. Instagram dipilih sebagai platform utama karena
fitur interaktifnya seperti feed, reels, stories, dan Instagram Insights yang
memungkinkan analisis performa konten. Laporan ini juga memiliki keterkaitan
dengan mata kuliah dalam Program Studi Ilmu Komunikasi, seperti Jurnalistik Foto
dan Grafis, Produksi Multimedia dan Media Online, serta Produksi Studio. Hasil
dari proyek ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi visual yang tepat dalam
media sosial dapat meningkatkan keterlibatan audiens dan efektivitas penyebaran
informasi, khususnya dalam mendukung inovasi teknologi bagi UMKM.
Kata kunci: Teori Produksi Media, Komunikasi Visual, Teknik Pengambilan
Gambar, Movement, Instagram, Media Sosial, PKM-PI
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Havid Syafwan |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:24 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:24 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/61 |