STRATEGI KOMUNIKASI ORANG TUA MENGATASI KECANDUAN BELANJA ONLINE DI SHOPEE (Studi Kualitatif Deskriptif pada Mahasiswa Universitas Dharma Andalas)

Rahmi, Okta Tiara Rahmi (2025) STRATEGI KOMUNIKASI ORANG TUA MENGATASI KECANDUAN BELANJA ONLINE DI SHOPEE (Studi Kualitatif Deskriptif pada Mahasiswa Universitas Dharma Andalas). S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of ABSTRAK Okta Tiara Rahmi 21140002.pdf] Text
ABSTRAK Okta Tiara Rahmi 21140002.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of BAB I Okta Tiara Rahmi 21140002.pdf] Text
BAB I Okta Tiara Rahmi 21140002.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of BAB V Okta Tiara Rahmi 21140002.pdf] Text
BAB V Okta Tiara Rahmi 21140002.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA Okta Tiara Rahmi 21140002.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA Okta Tiara Rahmi 21140002.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of SKRIPSI OKTA TIARA RAHMI FULL.pdf] Text
SKRIPSI OKTA TIARA RAHMI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecanduan belanja online di kalangan mahasiswa menjadi fenomena dengan kemudahan akses dan berbagai promosi yang di tawarkan oleh Shopee, membuat mahasiswa cenderung membeli barang-barang yang tidak di perlukan hingga terjebak dalam hutang akibat layanan fitur Shopee Paylater sehingga mengakibatkan permasalah keuangan yang akhirnya menggunakan uang kuliah untuk membayar hutang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang diterapkan oleh orang tua dalam mengatasi kecanduan belanja online, khususnya di platform Shopee, yang dialami oleh mahasiswa Universitas Dharma Andalas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dengan metode observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Komunikasi Keluarga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya mengatasi kecanduan belanja online pada anak maka, orang tua memiliki beberapa pola strategi komunikasi terdapat empat pola komunikasi yang digunakan orang tua dalam menangani anak yang kecanduan belanja online yaitu, pola konsensual melibatkan komunikasi yang terbuka antara orang tua dan anak, pola pluralistik dengan keterbukaan dalam keluarga, dimana anak diberikan ruang untuk jujur mengenai masalah yang mereka hadapi. Orang tua dapat memberikan bimbingan serta solusi yang tepat untuk mencegah anak dari tekanan akibat hutang belanja online. Pola protektif menekankan kepatuhan anak terhadap aturan keluarga. Orang tua meminta anak untuk menghapus aplikasi Shopee sebagai langkah untuk menghentikan kebiasaan belanja yang tidak terkontrol. Selanjutnya pola Laissez-faire yang menunjukkan kurangnya keterlibatan orang tua dalam komunikasi, oleh sebab itu penting bagi orang tua untuk meningkatkan komunikasi dalam berkeluarga serta memberikan dukungan emosional agar anak lebih mampu menghadapi masalah.
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Kecanduan Belanja Online, Shopee
Paylater, Komunikasi Keluarga, Orang Tua.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi
Depositing User: muhammad hafiz
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:25
Last Modified: 04 Aug 2025 04:25
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item
View Item