UPAYA KOMUNIKASI BPJS KESEHATAN KOTA PADANG DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI MOBILE JKN MELALUI BIDANG MUTU LAYANAN KEPESERTAAN

FHADIEL, RAHMAT FHADIEL (2023) UPAYA KOMUNIKASI BPJS KESEHATAN KOTA PADANG DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI MOBILE JKN MELALUI BIDANG MUTU LAYANAN KEPESERTAAN. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RAHMAT.pdf] Text
SKRIPSI FULL RAHMAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan aplikasi mobile JKN dapat memberikan beberapa kemudahan kepada
masyarakat dan peserta yaitu kemudahan untuk membayar dan mengubah data
kepesertaan, kemudahan mengetahui informasi data peserta keluarga, kemudahan
untuk mengetahui informasi tagihan iuran peserta, kemudahan mendapatkan
informasi Fasilitas Kesehatan dan kemudahan menyampaikan pengaduan, serta
permintaan informasi seputar JKN-KIS. Aplikasi mobile JKN ini diharapkan
dapat mengurangi antrian disetiap Kantor Cabang BPJS Kesehatan dengan
memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kantor Cabang BPJS
Kesehatan merupakan tempat masyarakat untuk menyelesaikan semua kegiatan
administrative. Teori yang gunakan yaitu teori Lasswel , Teori ini dikemukakan
pertama kali oleh Laswell. Laswell mengatakan bahwa cara yang tepat untuk
menjelaskan komunikasi adalah dengan menjawab lima unsur pertanyaan. Who
(siapa), say what (pesan), in which (media yang digunakan), to whom (penerima),
dan what effect (efek yang timbul). Model Lasswel ini bersifar linier (satu arah)
karena lebih mementingkan efek dan tidak ada feedback (umpan balik). Efek
menurut Donal K. Robert merupakan suatu perubahan perilaku manusia setelah
menerima pesanBerdasrkan paparan hasil yang berdasarkan pada data-data dan
juga hasil wawancara yang dilakukan peneliti didapatkan kesimpulan upaya
komunikasi dalam mensoisalisaikan aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan
melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat kegunaan dan keuntungan
menggunakan aplikasi Mobile JKN karena di era digitalisasi saat ini semua
kegiatan atau urusan sudah memalui media dan BPJS Kesehatan membuat
aplikasi Mobile JKN supaya membantu kepada masyarakat agar tidak susah lagi
memakai kartu JKN-KIS walaupun sebagian masyarakat masih awam dengan hal
tersebut maka BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi ke kelompok masyarakat
dengan memberi materi edukasi dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN .
diaplikasi Mobile JKN sudah banyak fitur-fitur yang memudahkan masyarakat
dalam urusan mereka untuk melakukan cek kartu BPJS Kesehatan , pemindahan
faskes klinik atau puskesmas dan juga bisa melihat tagihan BPJS Kesehatan kelas
mandiri keuntunganya juga kalau sudah menunggak iuran pembayaran BPJS
Kesehatan bisa memilih jangka waktu pembayaran sesuai kesangupan peserta
dengan tenggak waktu yang telah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi
Depositing User: muhammad hafiz
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:09
Last Modified: 21 Aug 2025 07:09
URI: https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item
View Item