Maiyondra, Yusuf Maiyondra (2025) Strategi Komunikasi Pada Sub bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik (PIKP) Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Dalam Penyebaran Informasi Kepada Masyarakat Kabupaten Sijunjung. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (222kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (128kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (173kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL OKE.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL OKE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan
oleh Sub bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung dalam penyebaran informasi kepada masyarakat . Strategi komunikasi menjadi elemen penting dalam meningkatkan transparansi dan efektivitas penyampaian informasi publik.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala dinas, kepala bidang pengelolaan informasi komunikasi publik, serta masyarakat sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan meliputi pemanfaatan media digital dan sosial, kolaborasi dengan media massa, komunikasi langsung dengan masyarakat, serta penggunaan teknologi dan aplikasi digital.Meskipun strategi yang diterapkan cukup efektif, terdapat beberapa hambatan, seperti keterbatasan tenaga ahli dalam pengelolaan sistem digital, keterbatasan infrastruktur teknologi informasi di beberapa wilayah, serta ketergantungan terhadap platform digital yang belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Untuk mengatasi hambatan tersebut, Diskominfo Kabupaten Sijunjung mengembangkan jaringan komunikasi desa dan memanfaatkan media konvensional untuk memperluas jangkauan
informasi.Dengan adanya strategi komunikasi yang baik, diharapkan pelayanan
informasi publik di Kabupaten Sijunjung dapat semakin optimal dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang akurat, cepat, dan transparan.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pengelolaan Informasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika, Penyebaran Informasi, Kabupaten Sijunjung
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum, Sosial, dan Humaniora > S1 ilmu Komunikasi |
Depositing User: | muhammad hafiz |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:38 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:38 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/70 |