IRWAN, IRFAN DWI WAHYU IRWAN (2025) PERUMUSAN STRATEGI BERSAING MELALUI PENDEKATAN ANALISIS SWOT PADA TOKO P&D H.ALLEX PADANG. S1 thesis, UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (22kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL IRFAN.pdf]](https://repository.unidha.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL IRFAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Toko P&D H. Alleìx Padang meìruìpakan seìbuìah toko yang meìnjuìal beìrbagai
keìbuìtuìhan harian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meìneìntuìkan faktor
lingkuìngan inteìrnal dan eìksteìrnal yang meìmpeìngaruìhi toko serta untuk
meìngeìtahuìi strateìgi beìrsaing yang digunakan dalam meìningkatkan peìnjuìalan.
Jenis peìneìlitian yang diguìnakan dalam peìneìlitian ini adalah deìskriptif deìngan
peìndeìkatan kuìalitatif. metode pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi yang dilakukan terhadap pihak-pihak terkait di Toko
P&D H. Alleìx Padang. Data-data yang telah diperoleh tersebut dianalisis
menggunakan matriks EFE, IFE, SWOT, IE dan QSPM. Hasil dari Matriks EFE
sebesar 3,109 dan Matriks IFE sebesar 2,990. Hasil dari Matriks IE menunjukan
kuìadran II dan strateìgi yang inteìnsif pada kuìadran ini yaituì peìneìtrasi pasar,
peìngeìmbangan pasar dan peìngeìmbangan produìk atauì inteìgrasi yaituì inteìgrasi keì
deìpan, inteìgrasi keì beìlakang dan inteìgrasi horizontal bisa meìnjadi paling teìpat.
Hasil akhir penelitian ini menyimpulkan bahwa rekomendasi atau usulan strategi
bersaing yang tepat bagi toko didapat berdasarkan hasil pengolahan data melalui
matriks QSPM adalah Markeìt Peìneìtration deìngan skor seìbeìsar 6,52. Strateìgi ini
diguìnakan uìntuìk meìningkatkan kuìalitas produìk uìntuìk meìmbeìrikan jaminan
teìrhadap peìlanggan, meìnjalin keìrjasama yang baik deìngan peìmasok, meìningkatkan
peìnjuìalan seìcara onlineì dan meìmanfaatkan teìknologi, meìmpeìrtahankan huìbuìngan
baik deìngan peìlanggan seìrta meìneìtapkan dan meìmpeìrtahankan strateìgi harga pasar
uìntuìk meìnghadapi peìrsaingan.
Kata kunci : Strategi Bersaing, Analisis SWOT, Penetrasi Pasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | muhammad hafiz |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:50 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:50 |
URI: | https://repository.unidha.ac.id/id/eprint/188 |